alexametrics

Sederet Destinasi Wisata Banyuwangi yang Menarik untuk Dikunjungi

Rifan Aditya
Sederet Destinasi Wisata Banyuwangi yang Menarik untuk Dikunjungi
Sederet Destinasi Wisata Banyuwangi yang Menarik untuk Dikunjungi - salah satunya hutan De Djawatan di Banyuwangi. (Instagram/@novipramita)

Ada sederet destinasi wisata Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi.

Suara.com - Kalau kamu sudah bosan berkunjung ke destinasi wisata yang itu-itu saja, kenapa tak coba ke Banyuwangi? Sebab ada sederet destinasi wisata Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi.

Melansir laman resmi Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah. Lalu apa saja destinasi wisata Banyuwangi itu? Simak penjelasanya berikut.

Karena potensi wisatanya sangat tinggi, maka Banyuwangi menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Jumlah kunjungan wisatawan domestik sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 bahkan telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Pada tahun 2016 lalu, wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi sejumlah 4.022.449 orang. Sedangkan di tahun 2019 jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi menjadi 5.307.054 orang.

Baca Juga: Koslo Hotel: Penginapan di Jogja yang Menghadirkan Sejuta Kenyamanan untuk Staycation

Tidak hanya wisatawan lokal saja, nyatanya keindahan Banyuwangi juga disorot oleh mancanegara. Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2016 sebanyak 77.139 orang, meningkat signifikan menjadi 101.622 orang di tahun 2019.

Kemudian pada tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan upaya untuk mengurangi penyebaran virus corona dengan melakukan buka tutup tempat wisata dan diberlakukannya social distancing di tempat umum yang menyebabkan penurunan angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Meskipun saat ini kita masih harus menahan diri untuk berkerumun, tapi tidak ada salahnya jika menilik keindahan wisata Banyuwangi. Yang penting, catat dulu rekomendasi destinasi wisata Banyuwangi berikut ini! 

1. Berkunjung ke Kawah Ijen

Salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang paling populer adalah Kawah Ijen. Destinasi wisata yang satu ini berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Baca Juga: Porta by The Ambarrukmo: Pilihan Nyaman Menginap di Yogyakarta

Selain menawarkan panorama yang sangat indah, Kawah Ijen juga dikenal dengan pertambangan belerang yang ikonik. Dijamin, kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Kawah Ijen.

Komentar