alexametrics

Rekomendasi 7 Makanan Bayi 6 Bulan untuk MPASI

Rifan Aditya
Rekomendasi 7 Makanan Bayi 6 Bulan untuk MPASI
Rekomendasi 7 Makanan Bayi 6 Bulan untuk MPASI - ilustrasi makanan bayi [shutterstock]

Apa saja bahan yang bisa jadi makanan bayi 6 bulan?

Suara.com - Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah memerlukan tambahan nutrisi lain yang dapat diberikan melalui Makanan Pendamping ASI (MPASI). Lalu apa saja bahan yang bisa jadi makanan bayi 6 bulan?

Sebagaimana disebutkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), makanan bayi berusia 6 bulan setidaknya harus mengandung 200 kalori yang dapat diperoleh melalui MPASI atau sama dengan 4-6 sendok makan sehari yang diberikan 2 kali.

Nah, untuk memenuhi nutrisi si kecil dalam masa MPASI, yuk coba 7 menu makanan bayi 6 bulan berikut!

1. Pisang

Baca Juga: Segudang Manfaat Buah dan Minyak Alpukat untuk Kesehatan Kulit

Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang mudah hancur di dalam mulut, pisang juga memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan bayi berusia 6 bulan. Pisang setidaknya memiliki kandungan serat, fosfor, dan kalium yang aman untuk bayi.

Cara memberikan pisang untuk bayi berusia 6 bulan, cukup dengan mengeruk pisang dengan sendok. Sehingga pastikan pisang yang dipilih sudah matang sempurna.

2. Alpukat

Buah berwarna hijau satu ini juga cocok diberikan untuk bayi berusia 6 bulan. Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat baik bagi perkembangan otak.

Sesuai dengan anjuran  IDAI, alpukat yang digunakan sebagai MPASI sebaiknya benar-benar sudah halus sehingga mudah dicerna bayi yang belum memiliki gigi.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol, Ada Oatmeal hingga Ikan Berlemak

3. Oatmeal

Dalam 100 gram oatmeal terkandung 9,9 sampai 14,9 gram serat total yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan bayi. Tidak perlu khawatir dengan tekstur oatmeal yang beragam, kini telah tersedia oatmeal instan yang cocok untuk bayi berusia 6 bulan.

Selain menjaga kesehatan pencernaan, oatmeal juga bagus untuk perkembangan otak si kecil.

4. Kiwi

Meski sedikit asam, namun ternyata kiwi memiliki beragam nutrisi, terutama vitamin C yang baik dikonsumsi untuk bayi berusia 6 bulan.

Seorang ahli gizi dari Dietitians Association of Australia, Caitlin Rabel mengungkapkan bahwa kiwi mengandung vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh dan antioksidan.

Untuk bayi, kiwi bisa diolah menjadi puree dengan beberapa tambahan buah lain seperti pisang.

5. Pepaya

Tidak hanya bagi orang dewasa, kandungan enzim papain pada buah pepaya rupanya juga dibutuhkan bayi untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan otak.

6. Ikan Salmon

Tidak melulu makan buah, bayi berusia 6 bulan juga dapat mengkonsumsi ikan salmon sebagai pemenuh nutrisi. 

Ikan salmon memang dikenal sebagai salah satu ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara teratur, kebutuhan asam omega 3 di dalam tubuh dapat terpenuhi.

7. Telur

Telur dijadikan salah satu makanan MPASI yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia. Selain mudah ditemukan, telur juga mudah diolah bagi buah hati. Caranya, cukup masak telur untuk kemudian dicincang sampai ukuran yang kiranya mudah dicerna bayi berusia 6 bulan.

Namun jangan lupa untuk memperhatikan apakah bayi alergi dengan telur. Nah, itulah rekomendasi beberapa makanan bayi 6 bulan yang dapat kalian coba.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar