alexametrics

5 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Wajib Dicoba saat Berlibur Kesana

Rifan Aditya
5 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Wajib Dicoba saat Berlibur Kesana
Makanan Khas Kalimantan Barat - Bubur pedas. [Inside Pontianak/Ist]

Berikut 5 makanan khas Kalimantan Barat yang harus kalian coba saat berkunjung ke sana.

Suara.com - Udah akhir tahun, saatnya melepas penat dengan liburan. Salah satu tempat liburan yang patut dikunjungi yakni Kalimantan Barat. Tidak hanya destinasi wisata, ada banyak makanan khas Kalimantan Barat yang cocok di lidah orang banyak. Hal ini lantaran makanan khas Kalimantan Barat memiliki cita rasa gurih yang kebanyakan orang suka.

Tidak sah sepertinya, jika melakukan wisata ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas di sana. Budaya Melayu dan China yang sudah melebur menjadi budaya baru, menciptakan cita rasa makanan khas Kalimantan Barat yang berbeda dengan daerah Kalimantan lainnya.

Unsur kental China pasti melekat di kepala kita saat mendengar makanan khas provinsi satu ini. Berikut 5 makanan khas Kalimantan Barat yang harus kalian coba saat berkunjung ke sana

1. Bubur Pedas

Baca Juga: Ini 5 Kuliner Khas Kalimantan Barat, Mulai dari Makanan Berat Hingga Hidangan Penutup

Jangan bayangkan makanan satu ini memiliki cita rasa pedas. Tidak seperti namanya, makanan khas Kalimantan ini malah memiliki rasa cenderung gurih. Bentuknya mirip dengan bubur Manado, banyak diisi dengan beragam sayur.

Tidak seperti bubur kebanyakan, bubur pedas Kalimantan Barat dimasak dengan menyangrai beras terlebih dahulu. Baru kemudian beras ditumbuk dan ditumis bersamaan dengan bumbu dan sayuran. Biasanya bubur pedas disajikan sebagai menu makan pagi hangat dengan tambahan toping ikan teri dan jeruk nipis.

2. Kerupuk Basah

Kerupuk Basah, makanan khas Kapuas Hulu. (YouTube/Resep Borneo)
Makanan Khas Kalimantan Barat - Kerupuk Basah, makanan khas Kapuas Hulu. (YouTube/Resep Borneo)

Mendengar namanya, mungkin diantara kita membayangkan bentuknya sama dengan kerupuk kering pada umumnya yang dimasak. Ternyata tidak. Kerupuk basah memiliki bentuk seperti pempek Palembang.

Makanan khas Kalimantan ini sama-sama terbuat dari ikan. Kuliner khas Kalimantan Barat ini juga bisa disajikan basah atau kering. Setelah dikukus matang, kita bisa memilih untuk memakannya dengan atau tanpa digoreng. Kalau pempek Palembang disajikan dengan cuko, Kerupuk Basah nikmat dicocol dengan sambal kacang

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Kalimantan Timur

3. Pengkang

Komentar