alexametrics

Royal Malioboro by Aston Jadi Tuan Rumah Yogyakarta Barista Competition

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
Royal Malioboro by Aston Jadi Tuan Rumah Yogyakarta Barista Competition
Barista Competition Yogyakara di Grand Malioboro, Rabu (8/12/2021) (Suara/Hiromi)

Barista Competition Yogyakarta diselenggarakan oleh Archipelago International dan diadakan di Royal Malioboro by Aston pada Rabu (8/12/2021).

Suara.com - Kopi kini tak hanya diartikan sebagai minuman biasa. Ajakan minum kopi tak jarang merupakan sebuah ajakan untuk menjalin keakraban atau relasi. Tak heran, kini kopi semakin populer di tengah masyarakat.

Melihat tren ini, Archipelago International menggelar acara Yogyakarta Barista Competition pada Rabu (8/12/2021) di Pagilaran Lounge, Royal Malioboro by ASTON. Acara ini mengundang barista dari seluruh jaringan hotel Archipelago International di area Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Archipelago International adalah grup manajemen hotel swasta dan independen terbesar di Asia Tenggara yang memayungi beberapa hotel, diantaranya Royal Malioboro by ASTON. Dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Ibu Yetti Martanti, acara tersebut sukses digelar mulai pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Adapun salah satu kompetisi yang dipertandingkan adalah lomba meracik kopi dengan menggunakan bahan rempah. Rempah-rempah menjadi awal mula datangnya bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara dan menjadi komoditas dengan nilai jual tinggi.

Barista Competition Yogyakara di Grand Malioboro, Rabu (8/12/2021) (Suara/Hiromi)
Barista Competition Yogyakara di Grand Malioboro, Rabu (8/12/2021) (Suara/Hiromi)

Perpaduan rempah dan kopi pun menjadikan cita rasa khas Indonesia, khususnya Jogja. Selain itu, gastronomi berupa kopi dan rempah-rempah berperan sebagai diplomasi budaya.

Dua kompetisi yakni Blackbox Mocktail dan Coffee Art diadakan untuk meningkatkan keterampilan para Barista Archipelago International di area Jawa Tengah dan DIY. Acara ini juga digelar sekaligus untuk meningkatkan produk racikan kopi yang disuguhkan di hotel-hotel jaringan Archipelago International.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Jogja, Wajib untuk Dikunjungi

Selain itu, diadakan juga kegiatan CSR yakni membagikan kopi rempah, jus dan healthy kit berisi masker, tisu disinfektan dan hand sanitizer sebanyak 400 paket kepada pedagang dan pengayuh becak di area Malioboro.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang kami adakan setelah pandemi berlangsung. Dari kegiatan ini diharapkan jiwa kompetisi dan keterampilan dari seluruh Barista di hotel jaringan manajemen Archipelago International di area Jawa Tengah dan DIY bisa kembali muncul,“ kata I Made Sumardika, Corporate Food & Beverages Manager, Archipelago International.

Vera Indah, General Manager Royal Malioboro by ASTON, dalam acara tersebut, juga menyampaikan bahwa propertinya merasa terhormat menjadi tuan rumah kegiatan Barista Competition Yogyakarta di tahun ini.

"Sebagai tuan rumah kami sangat senang sekali bisa menggelar dan mendukung penuh acara Yogyakarta Barista Competition ini. Semoga acara ini bisa membuat setiap hotel yang berpartisipasi semakin dikenal oleh publik dan juga bisa mengharumkan nama Archipelago International," ungkap Vera pada sambutannya di Barista Competition Yogyakarta, Rabu (8/12/2021) siang.

Komentar