alexametrics

Perbedaan Kura-Kura Air dan Kura-Kura Darat, Sampai Sekarang Masih Banyak yang Keliru

Arendya Nariswari
Perbedaan Kura-Kura Air dan Kura-Kura Darat, Sampai Sekarang Masih Banyak yang Keliru
Ilustrasi kura-kura leopard (Shutterstock).

Sekilas memang mirip, tapi ternyata ini perbedaan kura-kura air dan kura-kura darat.

Suara.com - Jika dilihat sekilas, maka tidak akan terlihat adanya perbedaan kura-kura air dan kura-kura darat.

Baik kura-kura darat maupun kura-kura laut memiliki habitatnya sendiri. Tak hanya itu saja, jika dilihat lebih detail, bentuk kaki, tempurung, sampai ukuran mereka pun berbeda loh!

Supaya lebih jelas, yuk simak 5 perbedaan kura-kura air dan kura-kura darat berikut!

Habitat atau Tempat Tinggal

Baca Juga: 5 Makanan Anak Kucing yang Aman Dikonsumsi: Bisa Air Tajin hingga Keju

  • Kura-kura air:

Sesuai dengan namanya, kura-kura air lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam air seperti sungai atau laut, termasuk saat mencari makanan. Namun, ia akan muncul ke daratan saat memasuki musim bertelur. Ia akan meninggalkan anak-anaknya sendiri di daratan, sementara si induk kembali ke air.

  • Kura-kura darat:

Berbeda dengan kura-kura air, kura-kura darat justru banyak menghabiskan waktunya di darat, tepatnya di tepian rawa-rawa. Ia akan mendekat ke air hanya jika merasakan haus atau ingin membasahi tubuh. Kura-kura darat juga akan menjaga anaknya selama 80 hari setelah menetas.

Ilustrasi kura-kura (Envato)
Ilustrasi kura-kura (Envato)

Bentuk kaki

  • Kura-kura air:

Bentuk kaki kura-kura air cenderung lebih panjang dan langsing. Selain itu, untuk hidup di air ia juga memiliki selaput pada sela-sela jarinya. 

  • Kura-kura darat:

Ukuran kaki kura-kura darat memang lebih pendek, namun cenderung lebih kuat. Jika kura-kura air punya selaput untuk berenang, kura-kura darat punya kuku-kuku kecil untuk menggali tanah.

Baca Juga: 5 Makanan Hamster Alami yang Aman Dikonsumsi

Bentuk tempurung

  • Kura-kura air:

Salah satu ciri khas dari kura-kura air dapat dilihat dari bentuk tempurungnya yang cenderung gepeng dan rata. Bentuk ini memungkinkan mereka untuk berenang lebih cepat di dalam air. Namun beberapa kura-kura air seperti kura-kura lumpur Sonoran memiliki bentuk tempurung bulat seperti kura-kura darat

  • Kura-kura darat:

Bentuk tempurung kura-kura darat cenderung lebih besar dari milik kura-kura air. Bentuknya menyerupai kubah dan sedikit melengkung.

Ukuran:

  • Kura-kura air:

Ukuran kura-kura air dari bayi sampai dewasa tidak akan terlalu banyak berubah.

  • Kura-kura darat:

Ukuran kura-kura darat cepat berubah seiring bertambahnya usia. Tak jarang, ukuran kura-kura darat bisa sangat besar sampai bisa menampung manusia yang mendudukinya.

Struktur Karapas

  • Kura-kura air:

Karapas merupakan cangkang keras yang melindungi organ dalam tubuh kura-kura. Di mana struktur karapas kura-kura air hanyalah satu lapis yang terdiri dari tulang rawan lunak yang tersusun rapat.

  • Kura-kura darat:

Karapas pada kura-kura darat terdiri atas dua lapis. Lapisan pertama berupa sisik keras, sedang lapisan kedua berasal dari susunan lempengan tulang keras.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar