facebook

6 Makanan Khas Jawa Timur Paling Lezat, Cita Rasanya Tak Tertandingi

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Makanan Khas Jawa Timur Paling Lezat, Cita Rasanya Tak Tertandingi
Rawon di Warung Sidik, Batu, Malang. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Makanan khas Jawa Timur apa saja yang sudah pernah Anda coba? Enak semua, kan?

Suara.com - Jawa Timur memiliki kekayaan kuliner lezat yang dikenal hingga pelosok negeri. Bagi Anda yang sering berkunjung di Jawa Timur, pastinya tidak asing lagi dengan rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang lezat dan terkenal.

Apa saja makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan? Berikut ulasannya.

Rawon

Siapa yang tak kenal kuliner khas Jawa Timur paling legendaris ini? Secara sederhana, nasi rawon merupakan sejenis sup daging sapi berkuah dengan campuran bumbu khas yang menggunakan rempah kluwek.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Sumatera Utara, Semuanya Sedap dan Menggugah Selera

Rawon paling enak disajikan dalam keadaan hangat bersama nasi, kecambah, telur asin, daun bawang, empal, kerupuk udang, dan sambal pedas.

satu porsi Pecel Madiun Pawon Mbah Uti di Festival Glodok Pancoran, Hublife, Jakarta Pusat. (Dok. Rizal/Suara.com)
Satu porsi Pecel Madiun Pawon Mbah Uti di Festival Glodok Pancoran, Hublife, Jakarta Pusat. (Dok. Rizal/Suara.com)

Pecel Madiun

Sepiring pecel Madiun tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Jawa Timur. Makanan khas Jawa Timur satu ini terdiri dari berbagai sayuran seperti kubis, selada air, bayam, taoge, mentimun dan combrang yang direbus, dipotong dan ditata, kemudian diguyur sambal kacang khas Madiun.

Kenikmatan nasi pecel Madiun ditambah dengan lauk tambahan seperti tahu, mendoan, dan renyahnya peyek atau kerupuk jagung. Wajib banget menyantap makanan sehat yang beraroma gurih dan sedap ini.

Pecel Lele

Baca Juga: 5 Kuliner yang Paling Banyak Varian di Yogyakarta!

Pecel lele khas Lamongan Jawa Timur juga termasuk menu yang paling disukai banyak orang. Pecel lele terdiri dari ikan lele goreng yang disantap bersama sayuran mentimun, selada, buncis, kol, tahu, tempe, sambal terasi, dan nasi putih hangat.

Tahu Tek

Makanan khas Jawa Timur ini terkenal sebagai salah satu kuliner tradisional yang lezat. Dalam seporsi tahu tek, terdapat tahu goreng setengah matang dan potongan lontong kecil-kecil yang disiram saus bumbu.

Komponen lainnya dalam tahu tek yang sering ditambahkan adalah telur, kentang goreng, acar, timun, dan taoge. Kuah lezatnya berasal dari petis udang nan gurih.

Rujak Cingur

Rujak adalah jenis makanan yang sudah akrab di telinga. Cingur sendiri berarti arti mulut, khususnya merujuk pada salah satu bahan yang berupa irisan rebusan mulut sapi atau moncong sapi.

Sajian ini terdiri dari beberapa potongan sayuran segar dengan bumbu rujak yang sedap. Isian rujak cingur pun bisa dipilih sesuai selera. Anda dapat menemukan kuliner nikmat ini di berbagai daerah di Jawa Timur.

Bakso Malang

Bagi penikmat bakso, wajib banget mencicipi bakso Malang makanan khas Jawa Timur yang sangat enak. Semangkuk bakso Malang terdiri dari kuah segar, mie kuning, dan berbagai isian.

Isian bakso Malang bermacam-macam mulai dari siomay, gorengan, tahu goreng atau tahu kukus, serta bakso halus atau kasar. Cita rasanya gurih, sedap, dan menyegarkan.

Itulah tadi beberapa makanan khas Jawa Timur dengan cita rasa nikmat luar biasa yang cocok untuk wisata kuliner. Selain sejumlah makanan di atas, masih ada beberapa makanan khas Jawa Timur seperti Soto Lamongan, Sate Madura, dan Medhol Malang yang wajib Anda santap.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar