facebook

Catat 4 Cara Mudah Merawat Kuku Saat Musim Dingin

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Catat 4 Cara Mudah Merawat Kuku Saat Musim Dingin
Ilustrasi kuku tidak sehat saat musim dingin (Shutterstock)

Perubahan cuaca seperti musim dingin memang dapat memberikan masalah berbeda.

Suara.com - Sedang berada atau berlibut ke luar negeri dan mendapati banyak hal berubah saat musim dingin? Ya, perubahan cuaca seperti musim dingin memang dapat memberikan masalah berbeda.

Seperti halnya demam, kulit kering dan gatal, hingga munculnya ketombe dapat disebabkan karena perubahan cuaca.

Seperti musim dingin yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kuku. Jika Anda mengalami pertumbuhan kuku yang lambat, rapuh, patah hingga pecah, coba segera lakukan perawatan.

“Memiliki kuku yang sehat dan kuat selama musim dingin adalah impian wanita. Tapi, musim dingin bisa menyebabkan kuku rapuh, bersisi, dan kering. Selain itu, kuku juga rentan pecah, sehingga ini merusak kuku Anda,” ungkap Konsultan Dermatologis, Kosmetik, dan Ahli Bedah Kulit, Dr. Rinky Kapoor.

Baca Juga: Cek Kondisi Kesehatan Tubuh, Perhatikan 5 Perubahan Ini pada Kuku!

Melansir dari Healthshots, berikut empat cara merawat kuku Anda selama musim dingin. Simak ulasannya!

1. Oleskan Minyak Kelapa atau Minyak Almond
Selama musim dingin, kuku mengalami masalah kelenbapan. Dan ini menyebabkan kuku menjadi kering serta rapuh. Maka dari itu, Anda bisa gunakan pelembap yang cocok untuk perawatan kulit Anda. Tetapi, disarankan untuk konsultasi dengan dokter Anda.

Selain itu, Anda juga bisa oleskan minyak kelapa atau minyak almond ke kuku Anda. Tentunya, lakukan ini dengan cara memijatnya secara perlahan.

2. Gunakan Masker Kuku
Mungkin masker dikenal untuk perawatan wajah dan juga rambut. Tapi, semua jenis masker juga bisa dipakai untuk perawatan kuku Anda lho! Ya, masker dapat menutrisi kuku Anda. Tentu saja, Anda bisa campurkan masker ini dengan madu, telur, dan juga jus lemon.

3. Gunakan Minyak Kutikula
Minyak kutikula dapat melembabkan serta membantu melindungi kuku Anda. Menurut Dr. Kapoor, seperti halnya minyak rambut, minyak ini dikhususkan untuk perawatan kuku. Selain itu, minyak ini dapat menghidrasi kutikula, kulit, area kuku, serta membantu mencegah kerusakan kuku.

Baca Juga: Potong Kuku di Malam Hari Dipercaya Berumur Pendek, Benarkah?

4. Memakai Sarung Tangan
Cara lain untuk merawat kuku Anda adalah dengan memakai sarung tangan. Ini bisa dilakukan pada saat Anda sedang berkebun, membersihkan rumah, mencuci piring, hingga menggunakan bahan kimia keras.

Dengan menggunakan sarung tangan, ini akan melindungi kuku dari kekeringan serta terhindar dari kotoran yang masuk ke kuku Anda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar