facebook

Makan Kacang Bisa Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Risna Halidi
Makan Kacang Bisa Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi Kacang Bawang (Instagram: iren_natty/niladriana)

muncul anggapan populer bahwa mengonsumsi kacang dapat membuat seseorang menjadi jerawatan. Tapi apa benar demikian?

Suara.com - Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi kacang, dapat membuat wajah berjerawat. Padahal kacang merupakan jenis makanan yang populer di Indonesia,

Tanaman polong itu banyak diolah menjadi ragam sajian yang enak. Misalnya kacang tanah yang bisa dijadikan bumbu kacang, hingga kacang hijau yang bisa dijadikan jeroan kudapan.

Hanya saja, muncul anggapan populer bahwa mengonsumsi kacang dapat membuat seseorang menjadi jerawatan. Tapi apa benar demikian?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari mulai dengan penyebab umum timbulnya jerawat. Masalah jerawat terjadi karena beragam faktor mulai dari genetik, infeksi, penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, hingga stres.

Baca Juga: Sering Makan Kedelai, Perempuan Asia Lebih Jarang Kena Kanker Payudara

Ilustrasi Kacang Tanah. (freepik)
Ilustrasi Kacang Tanah. (freepik)

Kacang sendiri dikaitkan dengan jerawat karena disebut memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi. Faktanya, kacang tidak menyebabkan munculnya jerawat. Kacang sendiri dapat menjadi camilan bergizi dan dapat membantu kesehatan kulit.

Lewat penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology dijelaskan bahwa jerawat tidak disebabkan oleh cokelat, kacang, es krim.

Namun jerawat bisa muncul karena konsumsi makanan manis yang berlebihan. Makanan-makanan yang dapat memicu munculnya jerawat yakni makanan yang memiliki kadar gula dan karbohidrat tinggi. Ketika adanya gula berlebih dalam darah, tubuh akan meningkatkan kadar hormon insulin dan memicu produksi hormon androgen dan meningkatkan produksi minyak.

Di sisi lain, kacang memiliki banyak manfaat untuk tubuh yakni vitamin A, B3 dan B6, C, dan E. Vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tetap lembut dan terjaga agar tidak kering.

Beberapa kacang yang memiliki manfaat lebih yakni kacang almond dan mete. Keduanya mengandung asam oksalat yang dapat membantu merawat kulit dan mencegah munculnya jerawat. Kacang mete juga memiliki selenium dan zink yang dapat membantu melawat radikal bebas yang merusak sel kulit.

Baca Juga: Enak dan Creamy, 7 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Kacang kedelai juga memiliki asam omega tiga yang membantu memperindah kulit, mencegah inflamasi, mencegah kulit kering, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, kacang memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk metabolisme tubuh dan kesehatan kulit.

Dengan begitu, mengonsumsi kacang akan membantu menjaga kesehatan kulit. Sementara makanan yang cenderung menjadi penyebab munculnya jerawat adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar