alexametrics

Bangun Ekonomi Kreatif Di Indonesia Timur, Sandiaga Uno Ajak Anak Muda untuk Terlibat

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Bangun Ekonomi Kreatif Di Indonesia Timur, Sandiaga Uno Ajak Anak Muda untuk Terlibat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno takjub dengan desa Wisata Wae Rebo, dijuluki surga di atas awan. (Dok. Kemenparekraf)

Potensi Indonesia Timur yang sangat besar dalam bidang ekonomi kreatif turut menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

Suara.com - Potensi Indonesia Timur yang sangat besar dalam bidang ekonomi kreatif turut menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

“Di tingkat dunia, kontribusi industri ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) berada di posisi tiga besar, setelah Amerika Serikat dengan industri Hollywood dan Korea Selatan dengan K-pop nya,” ungkapnya dalam acara Talkshow Webinar LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022, Jumat (14/1/2022).

Mengawali tahun 2022, untuk mendukung ekonomi kreatif di Indonesia Timur, LOKALATE hadirkan acara Ngonspirasi Summit 2022 lewat Festival Kampus Indonesia timur, yang terdiri dari berbagai sesi pelatihan dan talkshow virtual.

Acara ini bertujuan guna menginspirasi anak-anak muda di Indonesia Timur untuk bermimpi besar, serta mengembangkan potensi untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Sambangi Sentra Jamu di Sleman, Sandiaga Uno Berharap Bisa Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

“Ekonomi kreatif di Indonesia berperan besar dalam menciptakan lapangan kerja, di mana 41,5 persen berasal dari sektor kuliner, 17,5 dari sektor fashion, dan 15 persen nya dari kriya (kerajinan tangan),” lanjut Sandiaga.

Ia menambahkan, ia ingin mengajak semua masyarakat untuk bangkit dari tantangan di masa pandemi ini, termasuk bagi teman-teman di Indonesia timur.

“Indonesia Timur punya peluang yang luar biasa untuk sektor ekonomi kreatif. Pemerintah ingin mendorong pelaku-pelaku kreatif untuk melakukan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Saya optimis, dengan peningkatan sumber daya manusia serta kolaborasi dari berbagai faktor, kita dukung sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia,” tambahnya.

Dengan mengangkat tema “Unleashing Youth Potential in Eastern Indonesia”, LOKALATE Summit diadakan selama dua hari, yakni pada tanggal 13-14 Januari 2022, dan diikuti oleh ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, komunitas Indonesia Timur, serta berbagai wilayah Indonesia lainnya.

Dari acara ini, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan tips mendaftar dan mendapatkan beasiswa untuk menempuh kampus di luar negeri, serta sesi pelatihan career coaching dari tim Nutrifood dan IKIGAI Consulting yang mencakup teknik penulisan CV, wawancara, dan lainnya.

Baca Juga: Ghozali Jadi Sultan, Sandiaga Uno Dukung NFT di Indonesia

Komentar