facebook

Indonesia Jadi Ketua ASEAN Tourism Forum 2022, Yogyakarta Terpilih Sebagai Tuan Rumah

Risna Halidi | Lilis Varwati
Indonesia Jadi Ketua ASEAN Tourism Forum 2022, Yogyakarta Terpilih Sebagai Tuan Rumah
Jalan Malioboro (Shutterstock)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, gelaran ATF 2022 akan terselenggara di Indonesia hingga perayaan puncaknya pada Januari 2023 di Yogyakarta.

Suara.com - Indonesia akan segera menerima tongkat estafet tuan rumah gelaran ASEAN Tourism Forum (ATF) 2022 dari tuan rumah ATF tahun sebelumnya, Kamboja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, gelaran ATF 2022 akan terselenggara di Indonesia hingga perayaan puncaknya pada Januari 2023 di Yogyakarta.

"Yogyakarta sebagai satu dari lima destinasi super prioritas terpilih menjadi tuan rumah acara, karena kota ini memiliki fasilitas dan kapasitas untuk menjadi tuan rumah," kata Sandi dalam Media Pres Briefing secara virtual, Senin (17/1/2022).

Sandi ingin acara ATF 2022 dimanfaatkan untuk kembali mempromosikan pariwisata Candi Borobudur yang sudah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Saat ini, pihaknya terus melakukan pengembangan dan perbaikan fasilitas wisata di area Borobudur.

Baca Juga: Maksimalkan Potensi Jamu di Sektor Ekonomi Kreatif, Sandiaga: Bisa Jadi Welcome Drink di Hotel

"Baru saja saya berkunjung di sana, saya melihat bagaimana Borobudur bisa juga menjadi destinasi yang bukan hanya populer tapi memberikan makna terutama pasar dari Laos, Kamboja, dan Thailand yang banyak umat Buddha di tiga negara tersebut."

"Kami juga melihat Vietnam dan beberapa negara lain yang bisa menjadi target utama untuk Borobudur," tuturnya.

ASEAN Tourism Forum menjadi ajang kerja sama rutin antar negara Asia Tenggara sebagai upaya mempromosikan wilayahan ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata.

Menjadi tuan rumah ATF selama setahun, menurut Sandi, bisa menjadi momentum untuk mengumumkan secara internasional bahwa pariwisata Indonesia telah kembali dibuka.

"Kami berharap ATF merupakan puncak yang akan menciptakan momentum bagi pemulihan ekonomi nasional serta ekonomi regional," ujarnya.

Baca Juga: Bangun Ekonomi Kreatif Di Indonesia Timur, Sandiaga Uno Ajak Anak Muda untuk Terlibat

Sandi memastikan, berbagai dukungan akomodasi di Yogyakarta selama pelaksanaan ATF 2022 akan siap digunakan.

Seperti Bandara Internasional Yogyakarta yang akan segera dioperasikan. Juga kawasan Borobudur akan terhubung dengan tol Trans Jawa yang baru. Selain itu, jaringan kereta api diberikan akses yang baik kepada para delegasi ATF yang hadir.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar