facebook

7 Tanaman yang Diklaim Paling Ampuh untuk Mengusir Jumlah Kadal Berlebih di Kebun

Arendya Nariswari
7 Tanaman yang Diklaim Paling Ampuh untuk Mengusir Jumlah Kadal Berlebih di Kebun
https://pixabay.com/id/users/herbert2512-2929941/

Kadal memang ampuh untuk membasmi serangga di kebun. Namun, bagaimana jika jumlahnya sudah berlebih?

Suara.com - Kadal memang menjadi salah satu hewan yang dapat mengusir beberapa jenis serangga dari kebun. Namun, saat jumlah kadal di kebun sudah di luar kendali, bukan tidak mungkin mereka justru akan merusak tanaman

Oleh itu, penting untuk mengendalikan jumlah kadal di taman, namun usahakan jangan sampai membunuhnya, dan gunakan pengusir alami seperti beberapa jenis tanaman berikut.

Dilansir dari laman Green Garden Tribe dan Nursery Live, berikut 7 tanaman paling dibenci kadal yang bisa Anda jadikan alternatif. 

1. Mentha piperita atau peppermint

Baca Juga: Pengusaha Ini Siap Kasih 5 Hektar Kebun Kelapa Sawit ke Doddy Sudrajat, Syaratnya Setop Usik Faisal

Dengan aromanya yang sangat kuat, peppermint akan membuat kadal kebingungan untuk mendeteksi serangga yang akan mereka makan. Jadi, kadal akan segera menjauhi area yang dipenuhi dengan peppermint.

Selain bisa digunakan untuk mengusir kadal dari sekitar rumah, peppermint juga bisa digunakan untuk memasak dan ramuan herbal untuk masalah pencernaan.

2. Daun inggu

Tanaman selanjutnya yang dibenci oleh kadal adalah herb-of grace atau Rue. Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang cantik, bau rue yang sedikit apek akan membuat kadal membencinya.

Karena rasanya yang pahit, Rue jarang digunakan sebagai bahan masakan. Namun, Rue dapat digunakan sebagai ramuan obat sakit gigi, keseleo, hingga sakit kepala.

Baca Juga: Pria Tawari Doddy Sudrajat Hasil Kebun Kelapa Sawit 5 Hektar, Asalkan Penuhi Syarat Ini

3. Eucalyptus atau Nilgiri

Kelenjar minyak di bagian daun eucalyptus memiliki bau yang sangat. Aroma inilah yang kemudian bisa mengusir kadal dari kebun. Bahkan, beberapa orang menempatkan eucalyptus di dekat pintu dan jendela untuk mencegah cicak masuk ke rumah.

Kegunaan lain dari eucalyptus adalah sebagai bahan krim antiseptik. meredakan kulit iritasi, hingga menghangatkan tubuh.

4. Mentha arvensis atau mint Jepang

Tanaman herbal dengan tinggi 10-60 cm ini memiliki bau yang sangat kuat hingga membuat kadal membencinya.

Tanaman dengan bunga berwarna ungu pucat ini juga cocok untuk disimpan di dalam ruangan karena tidak perlu mendapatkan sinar matahari langsung setiap harinya.

Saat ini, mint jepang sangat sering digunakan sebagai bahan tambahan pada produk pasta gigi dan sabun.

5. Pohon pensil atau Euphorbia tirucalli

Euphorbia tirucalli merupakan tanaman jenis semak skulen yang memiliki cabang menyerupai pensil. Lateks euphorbia beracun bagi kadal dan beberapa serangga lain hingga membuat iritasi kulit dan menyebabkan luka bakar di mulut jika menelannya.

Oleh karena itu, Anda juga diharapkan berhati-hati saat merawatnya, karena beberapa manusia juga mungkin alergi dengan lateksnya.

6. Lavender

Masih dalam keluarga mint, lavender memiliki aroma bunga manis yang cukup menyengat. Jika manusia sangat menyukai wangi lavender karena menenangkan. kadal justru membencinya karena membuat mereka bingung mencari mangsa.

Selain untuk mengusir kadal, bunga lavender juga cocok menghiasi sudut-sudut rumah Anda.

7. Krisan

Krisan merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer. Bunga krisan dapat mekar dalam berbagai warna seperti putih, oranye, lavender, merah, kuning, hingga ungu.

Di samping kecantikannya, krisan memiliki senyawa yang mematikan bagi beberapa jenis serangga. Selain itu, baunya yang menyengat juga dibenci kadal.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar