facebook

Nggak Pede dengan Diri Sendiri? Coba 5 Cara Berikut Untuk Membangun Rasa Percaya Diri

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Nggak Pede dengan Diri Sendiri? Coba 5 Cara Berikut Untuk Membangun Rasa Percaya Diri
Ilustrasi percaya diri (pexels/@stywo)

Percaya diri didefinisikan sebagai perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian diri sendiri.

Suara.com - Apakah kamu sering merasa tidak percaya diri saat harus menghadapi situasi sulit? Atau kamu merasa rendah diri karena penampilan kurang sempurna? Jika kamu ada di posisi ini, mulai sekarang kamu harus belajar untuk menjadi sosok yang percaya diri.

Percaya diri didefinisikan sebagai perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri itu penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis seseorang.

Memiliki tingkat kepercayaan diri yang sehat dapat membantu seseorang menjadi sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional. Ini juga sangat berperan untuk memotivasi seseorang dalam mengejar tujuan hidupnya.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri? Simak tips di bawah ini, melansir dari Verywell Mind.

Baca Juga: Kenali Inner Critic yang ditandai dengan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Berhentilah membandingkan penampilanmu dengan teman-teman di media sosial, atau membandingkan gajimu dengan pendapatan temanmu. Membandingkan seperti itu tidak sehat.

Faktanya, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan seseorang tentang dirinya sendiri.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan diri mereka dengan orang lain mengalami rasa iri. Dan semakin banyak kecemburuan yang mereka alami, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri.

2. Kelilingi Diri Dengan Orang-Orang Positif
Perhatikan bagaimana temanmu dapat mempengaruhi perasaanmu. Apakah temanmu mendukung atau malah menjatuhkanmu? Apakah mereka kerap menghakimimu, atau menerima kamu apa adanya?

Orang-orang yang menghabiskan waktu denganmu akan mempengaruhi pikiran dan sikap kamu tentang diri sendiri. Jika kamu merasa buruk tentang diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, mungkin ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal.

Baca Juga: 5 Alasan Kepercayaan Penting dalam Sebuah Hubungan Asmara, Bisa Kurangi Konflik!

3. Rawat Tubuhmu
Sulit untuk merasa baik tentang diri sendiri jika penampilanmu tidak dalam kondisi baik. Melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa, akan membuat kamu merasa lebih percaya diri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar