facebook

Jangan Sembarangan! Ini 9 Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci, Efeknya Bikin Lebih Cepat Rusak

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jangan Sembarangan! Ini 9 Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci, Efeknya Bikin Lebih Cepat Rusak
Cara menghilangkan jamur di mesin cuci. (Pixabay/stevepb)

Sebelum mencuci baju kotor, pastikan untuk memisahkan beberapa jenis pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci.

Suara.com - Mesin cuci memang pada dasarnya berfungsi untuk memudahkan kita dalam membersihkan pakaian. Dengan bantuan motor penggerak dan pengering otomatis, kita dapat menghemat tenaga saat menggunakannya. Namun, rupanya terdapat jenis pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci.

Ternyata ada beberapa jenis pakaian justru cenderung akan lebih cepat rusak jika dibersihkan dengan mesin cuci. Dilansir dari laman Cincinnati, berikut 9 jenis pakaian yang sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci.

Berbagai Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci

Ilustrasi pakaian kotor. [Shutterstock]
Ilustrasi pakaian kotor. [Shutterstock]

Jas

Baca Juga: Lebih Mudah Mencari saat Terburu-buru, Ini Tips Rapikan Lemari Baju

Tidak sedikit jas yang terbuat dari kain berkualitas tinggi sehingga apabila dimasukkan ke mesin cuci, ada kemungkinan menyusut atau bahkan robek. Cobalah membawa jas ke binatu dan gunakan pengukus untuk menghilangkan noda pada jas.

Pakaian dengan resleting atau kancing

Jika ingin mencuci pakaian dengan resleting atau kancing, pastikan bahwa mereka dalam keadaan terbuka. Kancing yang masih tersangkut dengan lubangnya atau resleting yang terbuka dapat menggesek bagian dalam mesin cuci dan mengakibatkan kerusakan.

Pakaian renang

Pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci selanjutnya adalah baju renang. Memasukkan pakaian renang ke dalam mesin cuci dapat menghilangkan elastisitasnya karena biasanya bahan pakaian renang tidak tahan panas. Cukup cuci pakaian renang dengan tangan, setelah itu keringkan langsung di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Jangan Pakai Pakaian yang Sama selama 2 Hari Lebih, Ini Lho Efeknya pada Tubuh!

Kaos kaki bayi

Barang-barang kecil seperti kaos kaki bayi dapat tersangkut di selang dan ventilasi mesin cuci. Jika ingin menggunakan mesin cuci untuk mencuci kaos kaki bayi atau pakaian berukuran kecil lainnya, lebih baik masukkan ke dalam tas jaring tertutup, atau lebih baik lagi jika mencuci menggunakan tangan saja.

Ilustrasi Bra (Pexels/cottonbro)
Ilustrasi Bra (Pexels/cottonbro)

Bra

Mencuci bra menggunakan mesin cuci dapat menyebabkan bra berubah bentuk lebih cepat. Selain itu, pengait besi pada bra dapat tersangkut di silinder mesin cuci dan merobek pakaian lain. Cara mencuci bra paling baik adalah menggunakan tangan secara manual.

Selimut

Beberapa jenis selimut hanya bisa dicuci dengan cara dry clean. Jadi, pastikan untuk memeriksa labelnya terlebih dulu. Memasukkan selimut ke dalam mesin cuci dapat mengakibatkan kelembutannya hilang dan menyusut.

Sepatu lari berbahan kulit

Beberapa jenis sepatu kets memang aman untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci, tapi tidak dengan sepatu lari dengan aksen kulit. Pada dasarnya, pakaian apa pun yang dibuat dengan bahan kulit tidak baik dimasukkan ke mesin cuci. Sebab, bagian bahan kulitnya cenderung akan gampang terkelupas.

Sweater

Sweater merupakan jenis pakaian terbuat dari wol, beludru, atau kasmir yang dapat dengan mudah rusak saat dicuci. Untuk mencegah bahan-bahan tersebut rusak karena mesin cuci, gunakan kantong pencuci berbahan mesh saat memasukkan sweater ke dalam mesin cuci.

Pakaian berenda

Pakaian berenda umumnya menggunakan kain tipis sehingga tidak mengherankan jika pakaian ini dapat rusak dengan mudah jika dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cukup cuci pakaian berenda dengan tangan dan gunakan air dingin, serta hindari untuk menggosoknya terlalu keras.

Itulah beberapa jenis pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar