facebook

6 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Energi hingga Cocok untuk Mengoptimalkan Perawatan Kecantikan

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Energi hingga Cocok untuk Mengoptimalkan Perawatan Kecantikan
Kacang hijau mengandung protein nabati. (Shutterstock)

Tidak hanya mudah diolah dan didapatkan, kacang hijau rupanya juga menyimpan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apa saja manfaat kacang hijau bagi kesehatan?

Suara.com - Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan kaya akan manfaat. Bicara soal manfaat kacang hijau, berbagai kandungan nutrisi pada bahan makanan satu ini membuatnya dapat memelihara bahkan meningkatkan kesehatan tubuh.

Kacang-kacangan dikenal kaya akan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dengan begitu, tidak heran jika kacang hijau termasuk jenis kacang-kacangan yang sering dijadikan sebagai menu diet.

Dilansir dari laman food ndtv, berikut 6 manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga: Perlu Dipenuhi, Ini 6 Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi kacang hijau [Pixabay/PDPics]
Ilustrasi kacang hijau [Pixabay/PDPics]

Sumber energi

Tahukah Anda jika kacang hijau mengandung zat besi hampir dua kali lipat dibandingkan bayam? Zat besi berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh yang tentunya dapat mengoptimalkan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas.

Memperbaiki kesehatan kulit, rambut, dan gigi

Salah satu kandungan kacang hijau adalah silikon yang mudah diserap tubuh. Silikon ini berguna dalam pembentukan jaringan ikat yang sehat dan memperkuat kuku dan meningkatkan kesehatan kulit.

Memelihara kesehatan tulang

Baca Juga: Cobalah Tidur Tanpa Selimut, Ini 4 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh!

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kacang hijau kaya akan Vitamin yang berfungsi mengaktifkan osteocalcin, yakni protein non-kolagen utama yang ditemukan di dalam tulang. Senyawa ini dapat memperkuat kalsium di dalam tulang, khususnya bagian dalam.

Menangkal radikal bebas

Salah satu kandungan kacang hijau adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan jenis lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan naoxanthin yang fungsinya sebanding dengan karotenoid pada wortel.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kalsium dan flavonoid pada kacang hijau dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid dalam jumlah yang tinggi dapat menumbuhkan sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah pembekuan darah di arteri.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata dengan kandungan karotenoid yang dimilikinya. Dengan karotenoid, degenerasi makula atau penurunan penglihatan pada mata dapat dicegah.Selain itu, kacang hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat memperbaiki penglihatan mata di malam hari.

Demikian informasi mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh. Semoga dapat memotivitasi Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sehat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar