facebook

Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Buah Setiap Hari

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Buah Setiap Hari
Ilustrasi buah. (Envato)

Ada banyak cara untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Suara.com - Dua tahun sudah kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Hingga saat ini, Pandemi Covid-19 masih belum menunjukkannya untuk berakhir. Jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah seiring dengan masuknya varian baru omicron ke Tanah Air.

Hal ini memaksa kita untuk semakin melindungi diri dari paparan Covid-19. Daya tahan tubuh yang maksimal menjadi pertahanan utama dari infeksi virus, kuman dan bakteri.

Ada banyak cara untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah mengkonsumsi buah-buahan. Pasalnya, buah-buahan yang segar sangat baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ini diamini oleh Leona Victoria selaku Ahli Gizi.

Menurut Leona, buah-buahan jenis stone fruits dari Australia berkualitas tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab buah dari Australia memiliki reputasi dan kualitas yang sangat baik, sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Tubuh Bugar dan Kulitnya Cantik Alami, Sherina Munaf Bongkar Rahasia Pola Hidup Sehatnya

"Buah dari Australia itu ada stikernya. Ini bukan stiker biasa, ini ada barcodenya juga. Fungsinya untuk traceability. Jadi kalau ada kerusakan, bisa ditelusuri farmer mana yang keluarin buahnya dan batch mana. Jadi aman untuk kita semua," tutur Leona dalam Podcast On The Go, yang tayang di YouTube Channel Suara.com.

Stone fruits adalah istilah untuk buah yang memiliki biji di tengah yang menyerupai batu (stone). Setelah biji, terdapat lapisan-lapisan daging buah yang sedang disantap. Contoh stone fruits dari Australia antara lain, nectarin, apricot, avocado, plum, dan lainnya.

Sedangkan summer fruits adalah istilah untuk buah yang tumbuh di musim panas. seperti stone fruits ini , anggur, mangga, dan lainnya. Berbeda dengan negara lain, musim panas di Australia tiba di akhir tahun sampai awal tahun selanjutnya, sehingga saat ini banyak buah summer fruit dari Australia yang tersedia di Indonesia, termasuk peaches, nectarines, plums, dan cherries.

Stone fruits kaya antioksidan, serat, vitamin A, vitamin C, vitamen E dan gula alami. Cocok sekali bagi yang sedang diet, karena stone fruits ini dapat dikonsumsi sebagai pendamping makanan pokok ataupun jadi camilan yang menyehatkan. Setidaknya ada tiga menu yang bisa dibuat dari buah-buahan tersebut yakni, nectarine avocado salad, fruits parfait dan peach sangria.

Kendati demikian Leona menyampaikan, membeli buah tidak boleh sembarangan. Selain harus tahu kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya, juga penting memilih buah yang masih segar untuk dikonsumsi. Untuk itu, penting bagi kita tahu bagaimana sih cara memilih buah yang segar dan sudah matang untuk langsung dikonsumsi.

Baca Juga: Dijamin Lebih Sehat, Ini Resep Onion Rings Rendah Karbohidrat

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memilih buah yang segar dan matang:
- Pilih buah yang berwarna cerah
Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah warna buah. Untuk beberapa buah, warna cerah biasanya memiliki arti kualitas yang baik. Sebaliknya, hindari buah yang warnanya terlalu pucat atau tua, karena itu menandakan bahwa buah belum cukup matang. Warna peach, nectarin, cherry dan plum yang matang cenderung merah atau ungu yang pekat. Jadi warna tua tidak selalu berarti sudah busuk untuk stone fruits.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar