facebook

7 Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari secara Langsung, Tetap Bisa Tumbuh Cantik dan Indah Dipandang

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari secara Langsung, Tetap Bisa Tumbuh Cantik dan Indah Dipandang
Tanaman hias jenis Bromeliad (Pixabay/bernswaelz)

Dianggap lebih mudah dalam hal perawatan, apa saja tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung?

Suara.com - Menambahkan tanaman hias di sebuah ruangan merupakan salah satu hal yang mungkin perlu Anda lakukan. Pasalnya, selain mempercantik ruangan, tanaman hias juga dapat membuat kualitas udara semakin baik. Aneka tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari mungkin bisa jadi pilihan.

Ada beragam jenis tanaman hias yang dapat tumbuh dengan cahaya minimal. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat menempatkannya di dalam ruangan.

Dilansir dari laman Pro Flowers, berikut 7 tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung untuk pertumbuhan.

Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)
Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)

Bromeliad

Baca Juga: Ini Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Bisa Mencegah Ejakulasi Dini

Tanaman hias dengan bunga berwarna merah satu ini sangat cocok Anda tempatkan di dalam ruangan. Pasalnya, sebagian besar spesies bromeliad lebih menyukai sinar matahari tidak langsung yang tidak terlalu terang.

Paparan sinar matahari secara langsung justru dapat merusak daun bromeliad. Bromeliad paling tepat ditempatkan di atas rak, meja, atau lantai, dan jangan ditempatkan langsung di depan jendela.

Cemara cina

Cemara cina merupakan salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari untuk pertumbuhannya. Semakin gelap daun varietas cemara cina, semakin sedikit pula cahaya matahari yang dibutuhkan.

Cemara cina juga masuk ke dalam daftar tanaman hias penyaring udara oleh NASA. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memilihnya menghiasi ruangan Anda.

Baca Juga: 4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Haid hingga Anti Penuaan!

Dracaena

Dracaena merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mudah Anda temukan. Varietas yang lebih besar seperti dracaena massangeana memiliki tampilan seperti pohon yang berfungsi dengan baik sebagai dekorasi lantai.

Tempat untuk meletakkan dracaena paling baik adalah area di mana matahari tidak datang secara langsung. Meski begitu, salah satu tanaman pemurni udara terbaik ini tetap bisa hidup dalam cahaya rendah atau sedang.

English ivy

Tanaman hias jenis satu ini sering dipilih untuk menghiasi teralis atau pagar karena dapat tumbuh secara merambat, meski membutuhkan beberapa tahun. English ivy lebih menyukai cahaya matahari tidak langsung yang terang, tetapi tetap dapat hidup di cahaya rendah. Hanya saja, hindari matahari langsung ke daun english ivy karena dapat menyebabkan kematian.

English ivy. (Shutterstock)
English ivy. (Shutterstock)

Palem parlor

Tanaman hias satu ini biasanya ditempatkan di ruang makan atau ruang tamu sebagai salah satu simbol kemakmuran keluarga. Palem jenis ini dapat ditempatkan pada ruangan dengan cahaya rendah.

Namun, parlor palm akan tumbuh dengan sangat baik dengan pencahayaan sedang. Selain itu, parlor tetap dapat berkembang dengan cahaya buatan, jika dibutuhkan.

Lili perdamaian

Lili perdamaian paling cocok digunakan sebagai dekorasi lantai karena ukurannya yang dapat mencapai 24 hingga 40 inchi. Tanaman dengan kelopak putih cantik ini akan menikmati cahaya matahari rendah dan sedang, maupun cahaya buatan dari neon.

Selain mempercantik ruangan, lili perdamaian juga merupakan salah satu tanaman terbaik untuk menjernihkan udara.

Philodendron

Philodendron dikenal dengan bentuk daunnya yang unik. Tanaman hias satu ini juga cocok dijadikan sebagai pilihan bagi pemula karena perawatannya yang mudah.

Semua spesies philodendron menyukai cahaya terang yang datang tidak secara langsung. Namun, beberapa jenis lainnya juga tetap dapat tumbuh subur meski di tempat teduh sekalipun.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung untuk tumbuh sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar