facebook

Pentingnya Basic Skincare, Jadi Kunci Efektivitas Perawatan Kulit

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Pentingnya Basic Skincare, Jadi Kunci Efektivitas Perawatan Kulit
Ilustrasi basic skincare. (Shutterstock)

Rutin pakai skincare tapi belum kelihatan hasilnya? Kamu harus simak tips basic skincare berikut ini!

Suara.com - Pandemi meningkatkan kepedulian banyak orang untuk menggunakan skincare wajah, mulai dari serum hingga essence. Tapi banyak juga yang sudah menggunakan skincare tapi efeknya tidak kunjung terlihat.

Menanggapi hal ini, Founder Somethinc, Irene Ursula, mengingatkan pentingnya basic skincare agar perawatan kulit bisa bekerja efektif.

"Basic skincare ini simple, terdiri dari empat tahapan, di antaranya cleanser, toner, moisturizer, dan protection. Jika fondasi skincare-nya sudah tepat, maka treatment lainnya akan bekerja secara efektif dan tidak sia-sia,” ungkap Irene melalui keterangan yang diterima suara.com, Selasa (5/4/2022).

Berikut ini basic skincare dasar yang menurut Irene harus dilakukan saat merawat kulit, sehingga kandungan skincare bisa bekerja maksimal:

Baca Juga: Lip Cream Ini Miliki Warna dan Aroma Kopi, Bisa Bangkitkan Semangat Kaum Perempuan

1. Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah atau biasa disebut cleansing, adalah fondasi pertama yang harus dilakukan. Pasalnya, selain produk makeup dan sunscreen yang perlu dibersihkan, terdapat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang diproduksi oleh kulit wajah setiap harinya.

Oleh karena itu, penting untuk merawat kebersihan kulit secara rutin dengan mencuci muka menggunakan cleanser product. Tipsnya, pilihlah facial cleanser dengan low pH dan sesuai dengan kondisi kulit.

Untuk kulit berminyak bisa menggunakan skincare dengan kandungan seperti Succinic Acid, Folic Acid, Sea Buckthorn, Algin dan Korean Green Tea untuk bantu mencegah dan menghambat pertumbuhan jerawat, mengontrol produksi minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Toner untuk Menyeimbangkan pH
Setelah wajah bersih, saatnya menyeimbangkan pH wajah dengan toner. Toner dapat digunakan dengan kapas atau menuangkan produk langsung ke telapak tangan.

Tahapan ini juga berguna untuk membersihkan sebum dan sisa residu setelah mencuci muka. Toner juga mengandung tambahan nutrisi agar kulit siap menerima produk selanjutnya secara maksimal.

Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis Skincare Lokal Sendiri, Ini Beberapa Hal yang Mesti Dipertimbangkan

3. Menjaga Kulit Tetap Lembab
Tahap ketiga yang wajib dilakukan adalah menggunakan pelembap atau moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit. Langkah ini bertujuan untuk menghidrasi kulit, termasuk mengontrol minyak berlebih, selama beraktivitas seharian.

Komentar