facebook

Tubuh Langsing Sehat Bebas Racun, Coba Rutin Konsumsi 5 Minuman Detoks Ini

Arendya Nariswari
Tubuh Langsing Sehat Bebas Racun, Coba Rutin Konsumsi 5 Minuman Detoks Ini
Ilustrasi minuman sehat (Pexels/ruslanyogaswara)

Bisa jadi alternatif minuman sehat, yuk simak informasi lengkap berikut.

Suara.com - Gaya hidup sehat kini tengah dilakukan oleh banyak orang untuk investasi di masa mendatang. Minuman detoks menjadi salah satu yang tengah diminati, bukan hanya karena rasanya menyegarkan melainkan banyak manfaat di dalamnya.

Sebagian besar orang yang sedang menjalani diet, tentu menjadikan minuman detoks sebagai salah satu asupan menyehatkan.

Charushila Bisas, MsC, dikutip dari laman Stylecraze menyebutkan bahwa racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan rutin mengonsumsi minuman detoks.

Bukan tanpa alasan, dihimpun dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com, minuman detoks mengandung antioksidan yang baik dan menyehatkan untuk tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jus Stroberi dan Pisang, Solusi Sehat Jangka Panjang

Bonusnya, minuman detoks ini dapat membersihkan usus dan meningkatkan metabolisme sehingga dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Meski belum terbukti secara ilmiah ampuh untuk menurunkan berat badan, tetapi kalau kamu imbangi minuman detoks ini dengan diet sehat tentu saja hasilnya akan lebih maksimal.

Nah, diet sehat ini sendiri artinya kamu tidak memotong asupan nutrisi tertentu seperti karbohidrat, ya. Melainkan mengkonsumsi asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Supaya tubuh sehat dan langsing, berikut ini lima resep minuman detoks mudah dan enak yang bisa kalian coba buat di rumah.

1. Lemon dan timun

Baca Juga: Benarkah Madu Dapat Menyembuhkan Segala Penyakit? Simak Penjelasannya

Apakah kamu sudah pernah minum infused water? Kalau sudah, mungkin kamu sangat familiar dengan minuman detoks lemon dan timun ini.

Timun memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 95,2% dengan kandungan kalori yang rendah.

Kandungan ini membuat perpaduan antara lemon dan timun sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Nah, untuk membuatnya kamu cukup menyiapkan air, satu buah lemon dan timun segar yang sudah dipotong-potong serta daun mint dan sejumput garam.

Lalu, campurkan semuanya dalam satu teko atau botol besar dan minum minuman detoks ini sepanjang hari.

2. Jus tomat, daun bawang dan timun

Sebuah studi oleh China Medical University menemukan bahwa jus tomat terbukti efektif dapat mengurangi lingkar pinggang dan berat badan.

Nah, jika kita mencampurkannya dengan daun bawang dan timun, tentu saja hasil yang didapatkan lebih maksimal. Bukan hanya untuk berat badan, tetapi juga tubuh yang lebih sehat dan ringan.

Sama seperti jus jeruk dan wortel, untuk membuat minuman detoks yang satu ini juga cukup mencampurkan semua bahan (tanpa air) ke dalam blender atau food processor.

Kamu juga bisa menambahkan daun mint untuk menambah aroma. Tetapi, untuk jus yang satu ini jangan ditambahkan pemanis apapun seperti madu, ya.

3. Teh hijau dan lemon

Kemanjuran lemon dalam menurunkan berat badan memang sudah tidak diragukan lagi. Apalagi kalau dipadukan dengan teh hijau sebagai minuman detoks.

Teh hijau sebagai sumber katekin yang baik dapat mengurangi penumpukan lemak. Sedangkan, lemon kaya akan antioksidan yang baik untuk pencernaan.

Nah, cara membuat minuman detoks yang satu ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan satu kantong teh hijau dan ¼ lemon (diperas), lalu sedu dengan air panas.

Minuman detoks ini bisa kamu konsumsi setiap pagi untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh selagi panas.

4. Madu, lemon dan jahe

Sebuah penelitian oleh San Diego State University berhasil menemukan bahwa madu dapat mengatasi obesitas dan menekan nafsu makan.

Mencampurkan madu, lemon dan jahe sebagai minuman detoks dapat menjadi “obat” obsesitas yang kaya akan antioksidan.

Untuk resepnya sendiri sangat mudah, kamu cukup menyiapkan setengah buah lemon dan jahe (ukuran sedang) serta satu sendok madu dan segelas air hangat.

Hancurkan jahe dan peras lemon, lalu campurkan dalam satu gelas dan tambahkan satu sendok makan madu. Kamu bisa meminum minuman detoks ini setiap pagi supaya tubuh lebih bugar.

5. Jus jeruk dan wortel

Wortel adalah salah satu buah yang kaya akan beta-karoten dan serat yang dapat menekan nafsu makan. Memadukannya dengan jeruk atau lemon tentu dapat menjadi minuman detoks yang baik.

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, minuman detoks ini juga bisa mencegah tumbuhnya sel kanker, lho.

Untuk membuat jus ini sebetulnya sangat mudah, sama seperti membuat jus pada umumnya. Hanya saja, ganti gula dengan satu sendok makan madu sebagai pemanis.

Kamu bisa meminum minuman detoks ini setiap pagi untuk hasil yang lebih baik.

Komentar