facebook

Diklaim Bantu Atasi Rambut Rontok, Coba Rutin Konsumsi Jenis Teh Bunga Ini

Arendya Nariswari
Diklaim Bantu Atasi Rambut Rontok, Coba Rutin Konsumsi Jenis Teh Bunga Ini
Ilustrasi Rambut Rontok (freepik)

Tak hanya perawatan dari luar, ternyata ini teh alami yang bisa bantu atasi rambut rontok.

Suara.com - Hingga saat ini, tidak sedikit orang-orang yang mengalami permasalahan seperti rambut rontok. Lalu sebenarnya bagaimana cara atau tips agar rambut tidak mudah rontok?

Beberapa faktor ternyata juga memengaruhi kerontokan rambut, di antaranya gaya hidup, stres, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mencegah rontok, banyak alternatif yang bisa dilakukan seperti menggunakan perawatan kondisioner, hair mask dan sampo khusus.

Tak hanya dari luar, dihimpun dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com ternyata ada minuman yang diklaim mampu membantu mengurangi kerontokan rambut.

Baca Juga: Melahirkan November Tahun Lalu, Pemain X-Men Olivia Munn Sedang Alami Kerontokan Rambut Pascamelahirkan

Inilah dia hibiscus tea atau teh kembang sepatu. Memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, teh kembang sepatu memiliki ciri khas berwarna kemerahan.

Teh kembang sepatu (Pixabay/Free-Photos)
Teh kembang sepatu (Pixabay/Free-Photos)

Nah, ternyata karena mampu meningkatkan produksi kolagen, vitamin C dalam teh kembang sepatu ini diklaim baik untuk kesehatan tubuh seseorang terutama mengurangi rambut rontok.

Kolagen ini merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kolagen merupakan protein paling melipah dalam tubuh yang ditemukan mulai dari kuku, tulang, kulit, otot, dan rambut.

Kembang sepatu juga mengandungan antioksidan dan dan vitamin C nya membantu pertumbuhan kulit kepala dan rambut. Vitamin C membantu menyerap zat besi dan membuat rambut sehat dab kuat. Sementara antioksidan membantu pemeliharaan kulit kepala dan mencegah ketombe.

Manfaat teh kembang sepatu untuk rambut, di antaranya:

Baca Juga: Hati-hati, Kebanyakan Minum Kopi Bisa Bikin Rambut Rontok

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa teh kembang sepatu mengantung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kolagen juga menyerap lebih banyak zat besi.

Hal ini membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke akar sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Merawat kulit kepala kering

Teh kembang sepatu dapat mengobati ketombe dan kulit kepala kering karena teh kembang sepatu membatu menyembuhkan luka dengan cara meregerasi dan menghidrasi kulit kepala.

3. Mencegah rambut rontok

Folikel atau tempat tumbuhnya rambut membutuhkan protein, vitamin, dan mineral untuk bertahan hidup. Jika hal itu tidak terpenuhi, maka rambut akan mengalami kerontokan.

Vitamin C dalam kembang sepatu dapat memenuhi kebutuhan folikel sehingga dapat mengurangi kerontokan, selain itu kerontokan juga terjadi karena zat besi yang rendah.

4. Mencegah rambut beruban dini

Peningkatan produksi kolagen oleh kandungan vitamin C pada kembang sepatu dapat mencegah uban dan penipisan rambut.

5. Mengobati ketombe

Kembang sepatu memiliki sifat anti-ketombe. Jadi jika kulit kepala mengalami sekresi minyak berlebihan yang menyebabkan masalah seperti ketombe dan kulit kepala gatal, kembang sepatu dapat bertindak seperti zat dan mengurangi sekresi minyak oleh kelenjar.

6. Menjaga kelembapan kulit

Jika anda memiliki kulit yang benar-benar kering, gatal dan bersisik, sifat hidrasi dalam teh kembang sepatu ini memberi banyak manfaat kulit.

Antosianin yang memberi warna merah pada teh, tindak hanya sekedar penambah selera, namun juga berfungsi untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan transfer nutrisi pada kulit.

Teh kembang sepatu umumnya aman dikonsumsi lebih sering, namun sebaiknay tidak berlebihan. Cobalah untuk rutin meminum 3-4 cangkir teh dalam seminggu.

Meminum teh kembang sepatu tidak direkomendasikan pada ibu hamil, karena teh kembang sepatu dapat membuat hormon ogesteron berfluktuasi yang dapat menyebabkan keguguran khususnya saat trimester pertama.


Teh kembang sepatu dalam dibeli dimana pun, anda bisa menemukan teh yang telah dikemas dengan kantung celum atau pembelian secara glosir.

Cara penyajian teh kembang sepatu:

  1. Campurkan 2 cangkir kembang sepatu segar atau setengah cangkir kembang sepatu kering dalam 8 cangkir air.
  2. Kemudian didihkan di atas kompor, setelah mendidih. Matikan api dan tutup panci. Biarkan kembang sepatu selama 15 - 20 menit.
  3. Anda juga bisa menambahkan serai, oolong, mint dan lainnya. Saring teh lalu sajikan dalam keadaan hangat atau dingin dengan menambahan sedikit es.

Selain diminum, teh kembang sepatu juga dalam dipakai langsung dalam rambut sambil dipijat pijat dan biarkan teh nya meresap ke rambut dan kulit kepala. Biarkanlah selama 45 menit hingga beberapa jam kedepan, lalu bilas seperti hendak berkeramas.

Tips lain yang dapat diterapkan dalam perawatan rambut di antaranya.

1. Jika anda terbiasa menggunakan menggunakan hair mask atau jenis perawatan lainnya, gunakan yang memiliki bahan alami seperti lemon, jahe, coconut oil, minyak kemiri, papermint oil, dan argan oil.

2. Sisir rambut dalam keadaan kering, jadi setelah keramas, karena rambut masih basah, diusahakan untuk tidak menyisir rambut, karena akan lebih banyak rambut yang rontok ketika menyisir rambut dalam keadaan basah.

3. Potong rambut lebih sering. khususnya ujung rambut yang bercabang. Ujung rambut yang cenderung kering dan bercabang sebaiknya dipotong.

4. Hindari mengikat rambut saat tidur dan jangan terlalu sering bergadang.

Komentar