facebook

5 Bandara Terbesar di Indonesia, Ada yang Luasnya 2.500 Hektar

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Bandara Terbesar di Indonesia, Ada yang Luasnya 2.500 Hektar
Ilustrasi pesawat mendarat (Pixabay/dirkvermeylen)

Apa saja bandara terbesar di Indonesia yang Anda ketahui? Apakah salah satunya di daerahmu?

Suara.com - Bicara soal bandara, Indonesia memiliki beberapa bandara yang berdiri di atas lahan sangat luas, bahkan mencapai ribuan hektar. Bandara terbesar di Indonesia bahkan memiliki luas hingga ribuan hektar.

Di mana saja bandara terbesar di Indonesia? Yuk, simak ulasan berikut!

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

Sebagai salah satu bandara yang letaknya paling dekat dengan Ibu Kota, tidak heran jika Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara terluas di Indonesia. Dengan total luas lahan mencapai 2.555 hektar, bandara ini dapat menampung hingga 43 juta penumpang setiap tahunnya.

Baca Juga: Pria Ini Diajak Kondangan oleh Pasangan Kencan dari Tinder, Rela Tempuh Jarak 8.000 Km Naik Pesawat

Soetta terdiri dari tiga terminal utama yang membagi penerbangan domestik dan internasional. Fasilitas yang tersedia pun super lengkap, mulai dari digital lounge, shopping center, hingga kids zone.

Pengguna jasa penerbangan mengantre di Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Soetta, Jumat (31/12/2021). [Suara.com/Muhammad Jehan Nurhakim]
Pengguna jasa penerbangan mengantre di Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Soetta, Jumat (31/12/2021). [Suara.com/Muhammad Jehan Nurhakim]

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Majalengka

Peringkat kedua bandara terluas di Indonesia dipegang oleh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka. Bandara ini juga dikenal sebagai Bandara Internasional Kertajati.

Meski memiliki luas hingga 1.800 hektar, penumpang tiap tahun di bandara ini masih tergolong rendah, yakni 29 juta. Namun, angka ini diprediksi akan meningkat seiring dengan selesainya pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada tahun 2022 ini.

Bandara Internasional Hang Nadim, Batam

Baca Juga: Kabar Baik! Bandara Sepinggan Balikpapan Telah Ditetapkan Jadi Pintu Masuk Penerbangan Internasional

Berdiri di atas lahan seluas 1.762 hektar, Hang Nadim menjadi bandara terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu hal yang menarik dari bandar berkapasitas 5 juta penumpang per tahun ini adalah landasan pacu (runway) yang mencapai 4.025 meter.

Dengan panjang runway ini, Bandara Internasional Hang Nadim mampu menjadi landasan Airbus A380 hingga Boeing 777. Hal tersebut juga menjadikan bandara ini sebagai pemilik runway terpanjang kedua di Asia Tenggara.

Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang

Bandara terbesar di Indonesia keempat adalah Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang. Bandara dengan total luas lahan 1.650 hektare ini mampu menampung 8 juta penumpang setiap tahunnya.

Beberapa rute internasional yang dapat diakses di sini adala rute dari dan ke Singapura, Kuala Lumpur, Penang, dan Bangkok.

Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo

Meski terhitung baru, YIA berhasil menduduki peringkat kelima dalam daftar bandara terbesar di Indonesia. Terletak 42 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, bandara ini berdiri gagah di atas lahan seluas 587 hektar.

Salah satu hal menarik dari YIA adalah fasilitas kereta api bandara yang dapat memudahkan penumpang dari dan ke pusat kota Yogyakarta.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar