facebook

Jadi Rumah Bagi 25 Juta Muslim Dunia, Gaung Gelaran Modest Fashion Day Sampai Hingga Wilayah Rusia

Risna Halidi
Jadi Rumah Bagi 25 Juta Muslim Dunia, Gaung Gelaran Modest Fashion Day Sampai Hingga Wilayah Rusia
Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamis World: Kazan Summit (Dok. Modest Fashion/ ModestRussia)

Menariknya, ada nama-nama desainer dan brand lokal Indonesia yang hadir dalam agenda tahunan tersebut.

Suara.com - Modest fashion atau gaya busana tertutup diharapkan dapat menjadi platform menampilkan potensi industri fashion baru di berbagai wilayah di dunia, termasuk kawasan Eropa Timur seperti Rusia dan Subyek Federal Rusia.

Tercatat kawasan tersebut menjadi rumah bagi lebih dari 25 juta Muslim, dengan akar budaya Islam yang kuat di hampir semua suku atau kebangsaan Rusia. Islam juga telah hadir di Rusia dan teritorinya sejak 1400 tahun lalu.

Belum lama ini, International Economic Summit "Russia-Islamis World: Kazan Summit" menampilkan agenda Modest Fashion Day sebagai bagian dari agenda tahunan di Kazan, Ibukota Republik Tatarstan, negara di Subyek Federal Rusia.

Dalam acara yang diselenggarakan Tatarstan Investment Development Agency sejak 19 hingga 20 Mei 2022 lalu, hadir 12 desainer dari enam negara yang memamerkan koleksi terbaru serta talkshow yang membicarakan bisnis modest fashion.

Baca Juga: Komandan Tank Rusia Dihukum Penjara Seumur Hidup, Tembak Mati Warga Sipil Ukraina

Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamis World: Kazan Summit (Dok. Modest Fashion/ ModestRussia)
Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamis World: Kazan Summit (Dok. Modest Fashion/ ModestRussia)

Menariknya, ada nama-nama desainer dan brand lokal Indonesia yang hadir dalam agenda tahunan tersebut. Mereka di antaranya adalah Restu Pratiwi, Li Scarf dan Anaras. Ketiganya ikut memeriahkan agenda tersebut bersama brand-brand asal Russia, Tatarstan, Uzbekistan, serta Kazakhstan.

"Modest Fashion bukan hanya untuk perempuan Muslim. Tidak lagi terikat dengan agama tertentu. Modest fashion adalah fashion yang tidak lekang waktu," ucap Chief Executive- Tatarstan Investment Development Agency, Taliya Minullina, dikutip dari siaran pers, Selasa (24/5/2022).

Hadir pula dalam agenda tahunan tersebut Alena Akhmadullina, sosok desainer seklaigus founder brand AKHMADULLINA. Saat ini, brand tersebut menjadi salah satu brand fashion paling terkenal di Rusia.

"Kami menghadirkan koleksi AKHMADULLINA Middle East yang dibuat berdasarkan preferensi pelanggan kami yang menyukai gaya modest fashion. Ini adalah salah satu tren mode yang paling menarik dan telah menarik perhatian saya sejak lama," tambah Alena.

Acara Modest Fashion Day sendiri terselenggara atas kerjasama Council of Modest Fashion, #Markamarie dan ModestRussia. Dikatakan Global Head of Council of Modest Fashion - Franka Soeria, industri modest fashion dunia saat ini sangat dinamis.

"Setiap negara, setiap daerah memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. Modest Fashion punya akar kuat pada budaya, itulah sebabnya keragaman gaya sangat menonjol dari satu negara ke negara lain," kata Franka.

"Kami mendukung talenta mode sederhana di seluruh dunia, mereka perlu terhubung lebih baik untuk menjangkau khalayak yang lebih luas," ucapnya yang juga Modest Fashion Expert, serta Co-founder #Markamarie.

Baca Juga: Komandan Tank Rusia Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup di Ukraina

Komentar