facebook

Beda Margarin dan Mentega yang Sering Dikira Sama, Pahami Ciri-ciri Pada Bagian Ini

Arendya Nariswari
Beda Margarin dan Mentega yang Sering Dikira Sama, Pahami Ciri-ciri Pada Bagian Ini
Mentega, Margarin, dan Minyak Samin (Shutterstock)

Warna dan teksturya sekilas sama, ternyata ini perbedaan di antara keduanya.

Suara.com - Untuk kalian yang hobi memasak, tentu saja Anda sudah tidak asing dengan bahan berupa margarin dan juga mentega.

Kendati sekilas memiliki tekstur dan warna sama, ternyata ada perbedaan di antara margarin serta mentega yang masih jarang diketahui lo.

Lalu sebenarnya apa yang membedakan margarin dan mentega? Dihimpun dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com, ternyata ada beberapa hal yang membedakan dua bahan dengan warna identik kuning ini.

Akun YouTube Dapurumi ini misalnya, dalam salah satu unggahan video menunjukkan informasi terkait perbedaan margarin dan mentega. Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Harga Migor To The Moon, Ini 5 Daftar Bahan Pengganti Minyak Goreng yang Wajib Diketahui

Bahan dasar mentega dan margarin

Pertama-tama, mentega dan margarin memiliki bahan dasar yang berbeda. Mentega terbuat dari salah satu jenis lemak hewani, yakni lemak susu.

Sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati, yaitu minyak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. Biasanya, untuk menghasilkan margarin, lemak nabati akan dicampur dengan pengemulsi.

Tekstur

Perbedaan mentega dan margarin dari segi tekstur, margarin memiliki tekstur yang lebih padat dan kokoh ketimbang mentega. Selain itu, margarin tak mudah meleleh di suhu ruangan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 5 Perbedaan Mentega dan Margarin

Sebaliknya, mentega bertekstur lebih lembut dan lebih mudah leleh saat disimpan pada suhu ruangan.

Warna dan aroma

Mentega memiliki warna kuning pucat, dan beraroma susu. Aroma tersebut berasal dari lemak susu yang merupakan bahan dasar mentega.

Lain halnya dengan margarin yang memiliki warna kuning pekat, dan tak menghasilkan aroma susu. Kecuali jika margarin telah dibubuhi penambah aroma khusus makanan.
Hasil yang diberikan pada kue.

Penggunaan margarin dan mentega akan memberikan hasil yang berbeda pada kue. Kue berbahan mentega tanpa campuran margarin akan menguarkan aroma susu yang kuat.

Selain itu, tekstur kue yang dihasilkan pun terasa lembut, ringan, dan mudah lumer di mulut. Namun, kue berbahan dasar mentega cenderung rapuh, sehingga gampang hancur bila terkena guncangan.

Di sisi lain, kue berbahan dasar margarin memiliki tekstur lebih kokoh, kuat, dan crunchy. Sayangnya, margarin kurang mampu memberikan aroma pada kue.

Itulah empat perbedaan mentega dan margarin. Meskipun sekilas terlihat sama, mentega dan margarin ternyata betul-betul merupakan dua jenis bahan yang berbeda. Nah, kalau Hopers lebih sering menggunakan margarin atau mentega, nih?

Komentar