facebook

5 Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak, dari Karedok hingga Empal Gentong

Arendya Nariswari
5 Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak, dari Karedok hingga Empal Gentong
Empal Gentong. (Shutterstock)

Cobain beberapa makanan khas Jawa Barat dengan cita rasa original dan lezat yang wajib banget Anda coba. Ini daftarnya!

Suara.com - Indonesia kaya akan kuliner yang beragam dan memiliki cita rasa khas untuk setiap daerahnya. Salah satu daerah yang dikenal akan makanan khasnya adalah Jawa Barat. Daerah yang mayoritas ditinggali masyarakat Suku Sunda ini memang memiliki makanan khas yang unik dan menggugah selera. Jika Anda berencana pergi ke Jawa Barat, mari simak daftar makanan khas Jawa Barat yang lezat.

1. Angeun Kacang

Angeun kacang merupakan sup kacang merah, makanan khas dari Jawa Barat. Dibuat dari kacang merah yang direbus bersama dengan rempah-rempah yang menguatkan cita rasa sedapnya. Tumisan bawang merah dan putih semakin menyedapkan cita rasa sup kacang merah. Cita rasa gurih, sedikit asam, dan pedas berhasil menggoyang lidah para penikmatnya. Angeun kacang dengan kuah yang segar cocok disantap bersama nasi hangat, sambal, dan lauk lainnya.

2. Mata Lembu

Baca Juga: Viral Foto Jadul Tahun 1940, Cantiknya Paras Penjual Cabe Ini Jadi Sorotan

Wilayah Pesisir Jawa Barat, Cianjur dan Garut bagian Selatan, memiliki makanan khas yang tidak boleh dilewatkan. Di sini ada makanan bernama Mata Lembu, yang merupakan hewan laut yang mirip dengan keong sawah namun lebih besar. Mata Lembu memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa gurih alami khas laut. Tanpa ada rasa amis yang berlebihan, mata lembu cocok diolah dengan bumbu pedas. Sebagian mata lembu juga ditambah petai untuk menambah kenikmatan.

3. Empal Gentong

Cirebon memiliki salah satu kuliner yang terkenal, yaitu Empal Gentong. Selain karena kelezatannya, kuliner ini mengandung nilai sejarah dan kerukunan beragama. Sekilas empal gentong mirip dengan kuliner daging berkuah, namun media masaknya menggunakan gentong dan kayu asam untuk membakar. Daging yang direbus dengan aneka rempah  dan santan menghasilkan cita rasa tak terlupakan. Untuk rasa pedas, empal gentong menggunakan sambal kering yang menggugah.

4. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu dikenal sebagai buah tangan yang berasal dari Sumedang. Ubi cilembu merupakan ubi jalar yang memiliki cita rasa manis. Jika ke Sumedang, Anda akan menemukan banyak penjual yang menawarkan ubi cilembu. Cara paling pas menikmati ubi cilembu adalah dengan dipanggang untuk menjaga rasa manisnya. Ada pula olahan keripik ubi cilembu dengan rasa manis, biasanya dicampur dengan bumbu rujak yang menggoda. Di pusat perbelanjaan, Anda juga bisa menemukan olahan cake dari ubi cilembu. 

Baca Juga: Polisi dan Tim SAR Lanjutkan Pencarian Emmeril Khan Mumtadz, Duta Besar RI Untuk Swiss: Mohon Doanya

5. Karedok

Makanan khas Jawa Barat berikutnya adalah Karedok yang berbahan dasar sayuran mentah. Makanan sehat ini sekilas mirip dengan lotek yang disiram bumbu kacang. Sayuran mentah terdiri dari potongan kacang panjang, kol, tauge, mentimun, terong bulat hijau, dan kemangi. Tambahan potongan tahu goreng, emping, kerupuk, dan siraman bumbu kacang yang gurih jadi racikan sempurna dari karedok.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang unik dan bisa Anda nikmati saat berada di Jawa Barat. Manakah makanan di atas yang ingin Anda coba lebih dahulu?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar