Mengenal Biotin, Vitamin Larut Air yang Bermanfaat untuk Merawat Kesehatan Rambut

Risna Halidi
Mengenal Biotin, Vitamin Larut Air yang Bermanfaat untuk Merawat Kesehatan Rambut
Ilustrasi biotin rambut rontok (pixabay)

Karena sifatnya yang mudah larut dalam air, vitamin tersebut tidak dapat disimpan di dalam tubuh.

Suara.com - Biotin atau vitamin H, merupakan keluarga vitamin B kompleks yang dikenal memiliki ragam manfaat kesehatan tubuh dan kecantikan. Biotin memiliki nama lain vitamin B7.

Karena sifatnya yang mudah larut dalam air, vitamin tersebut tidak dapat disimpan di dalam tubuh.

Biotin sendiri berfungsi sebagai enzim yang mengubah lemak dan karbohidrat dalam makanan menjadi energi, serta menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam banyak produk kecantikan, tak ayal biotin menjadi salah satu formula primadona.

Baca Juga: Tanpa Resep Dokter, Minum Vitamin Setiap Hari Dapat Merusak Ginjal

Beberapa penelitian bahkan mencatat biotin dipercaya mampu memelihara kesehatan kuku dan mengatasi masalah rambut rontok.

Beberapa studi menunjukkan bagaimana penggunaan suplemen atau produk perawatan rambut yang mengandung biotin, bermanfaat untuk menyuburkan rambut.

Biotin juga disebut dapat menebalkan dan membuat rambut lebih berkilau serta mencegah kerontokan rambut.

Itu juga yang coba dimanfaatkan oleh produk perawatan rambut - Varesse, lewat produk Serum Shampoo 2-in-1 Conditioner.

Dikutip dari siaran pers, Founder Varesse Marcella Yanita mengatakan, produk tersebut merupakan hasil penemuan terbaik yang diklaim mampu mengatasi berbagai masalah rambut.

Baca Juga: Ibu Hamil dan Balita Diberi Vitamin dan Suplemen

"Produk ini adalah alat utama untuk mengurangi kerontokan, gatal dan ketombe, memperkuat akar rambut serta sangat efektif dalam menghaluskan dan membuat rambut lebih bervolume," kata Marcella.

Ia pun mencoba mengenalkan beragam khasiat bahan-bahan bernama Herbavit Serum dengan kandungan bahan herbal lainnya termasuk biotin.

Selain biotin, ada juga kandungan Sophora Angustifolia Root Extract, Horse Chestnut Seed Extract, Nasturtium Officinale Extract, serta kandungan vitamin A Palmitate, B5, B8, E, dan vitamin F.

"Setiap bahan memiliki fungsi tersendiri dan terbukti aman digunakan bahkan untuk perempuan hamil dan menyusui," tambah Marcella.

Produk tersebut akan tersedia secara eksklusif di gerai online dan offline Sociolla di seluruh Indonesia mulai 20 Juni 2022