facebook

Sempat Viral Cobek Keluar Belatung jika Dibakar, Koki Ini Ungkap Penyebab dan Cara Mencegahnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Sempat Viral Cobek Keluar Belatung jika Dibakar, Koki Ini Ungkap Penyebab dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi cobek (Shutterstock)

Koki ini menjelaskan tentang cara pencegahan belatung hidup di cobek secara jelas.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, video cobek yang dibakar dan mengeluarkan belatung sempat viral di media sosial. Hal ini membuat banyak orang terkejut dan penasaran ingin mencobanya.

Seorang koki pun menjelaskan tentang kejadian belatung yang keluar dari cobek. Hal ini ia bagikan melalui akun TikTok @chefnausa.

Chef Nausa mengatakan bahwa belatung itu tidak mungkin muncul tanpa ada penyebab. Ia kemudian mengasumsikan bahwa belatung tersebut berasal dari telur lalat.

Dia kemudian juga menyebutkan bahwa lalat biasanya hingga di tempat yang kotor, busuk, ataupun berbau. Lalu, permukaan cobek biasanya bergelombang, kasar dan tidak rata.

Baca Juga: Terpopuler: Lagu Yang Dinyanyikan Grup Qasidah Nasida Ria, Nenek Ini Memohon ke Petugas Agar Jalan LIPI Tidak Ditutup

Hal ini membuat proses pembersihan harus benar-benar teliti. Pasalnya saat tak terlalu bersih, sisa-sisa makanan seperti terasi, cabai, dan lainnya masih menempel di sela-sela yang tak terlihat.

Penyebab cobek keluar belatung (TikTok @chefnausa)
Penyebab cobek keluar belatung (TikTok @chefnausa)

Sisa makanan itu akan menarik lalat untuk bertelur di atas cobek. Tekstur cobek yang berongga membuat telur lalat tak terlihat.

Chef Nausa menyarakan tetap kembali mencuci alat makan sebelum digunakan. "Kadang-kadang gini, kita udah bersihin nih habis kita pakai, tapi tempat kita menyimpan itu tidak steril. Akibatnya alat makannya terkontaminasi lagi," ungkap Chef Nausa.

Ia lalu mengatakan untuk lebih baik mencuci cobek sembari disikat. Selain itu, cobek juga bisa direndam agar belatung keluar meski tanpa dibakar.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan terkait.

Baca Juga: Para Pengendara Ngenyel Klakson Pas Disetop Polisi, Auto Hening Gegara Ini

"Itu kayaknya juga gara-gara lembap dan jadi banyak kuman, makanya jadi begitu," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Jadi mikir ulang kalau mau beli sambal di luar," ujar warganet ini.

"Benar nih, emang harus disikat itu cobeknya biar beneran bersih. Ngeri juga kalau sampai ada cabai di dalamnya," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Selasa (21/6/2022), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Komentar