Makan Es Krim Saat Sarapan, Ini Manfaatnya Untuk Performa Kerja

Vania Rossa

Rabu, 22 Juni 2022 | 16:58 WIB
Makan Es Krim Saat Sarapan, Ini Manfaatnya Untuk Performa Kerja
Ilustrasi makan es krim. (Pixabay/StockSnap)

Suara.com - Banyak orang menghindari makan sesuatu yang dingin di pagi hari, dengan alasan bisa membuat sakit perut. Padahal faktanya tidak selalu begitu. Justru, makan es krim di pagi hari bisa membawa manfaat untukmu.

Dilansir dari The Telegraph, sebuah studi yang dilakukan oleh Yoshihiko Koga, seorang profesor di Kyorin Univeristy di Tokyo, menunjukkan bahwa makan es krim di pagi hari dapat membuat seseorang jadi lebih waspada secara mental.

Dalam studinya, responden diminta makan es krim saat baru bangun tidur, dan kemudian diuji ketajaman mentalnya dengan melakukan tugas di komputer.

Hasilnya, mereka yang makan es krim di pagi hari memiliki performa yang lebih baik dan memiliki waktu reaksi yang lebih cepat.

Para peneliti kemudian membandingkan hasil studi di atas dengan mengulangi eksperimen menggunakan air dingin, untuk melihat apakah hasil ini terkait dengan suhu dingin yang berasal dari es krim.

Hasilnya, mereka yang dipaparkan dengan air dingin juga menunjukkan peningkatan kinerja mental, tetapi tidak sebanyak mereka yang makan es krim.

Jadi, mungkinkah itu disebabkan oleh kombinasi antara gula dan rasa dingin? Atau, benarkah es krim memiliki manfaat ajaib?

Kesimpulan para peneliti, hal ini mungkin karena makan es krim dapat mengurangi tingkat stres yang sering dialami orang di pagi hari. Dan makan es krim, harus diakui, memang dapat membuat mood seseorang jadi lebih baik.

Profesor Koga adalah spesialis dalam psikofisiologi, dan studinya meneliti hubungan antara jenis makanan tertentu dan mengurangi stres. Dia juga mempelajari hubungan antara makanan yang berbeda dan dampaknya pada proses penuaan.

baca juga

Meskipun ia belum menemukan apa yang membuat seseorang lebih bahagia, ia percaya bahwa es krim adalah suguhan yang memicu emosi positif dan menambah energi.

Dan ia ternyata bukan satu-satunya ahli yang sampai pada kesimpulan ini, lho.

Pada tahun 2005, ilmuwan saraf di Institute of Psychiatry di London memindai otak responden saat mereka makan es krim vanila dan melihat hasilnya secara langsung

Ditemukan bahwa makan es krim mengaktifkan pusat 'rasa senang' yang sama di otak seperti halnya ketika Anda memenangkan lotere ataupun mendengarkan musik favorit.

Jadi, maukah Anda makan es krim saat pagi hari? Mungkin sesekali saat Anda merasa performa sedang buruk, boleh, ya?

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Sarapan ala Bule dengan Menu Fish and Chips, Tampilan Makanan Ini Disebut Menjunjung Kearifan Lokal

Sarapan ala Bule dengan Menu Fish and Chips, Tampilan Makanan Ini Disebut Menjunjung Kearifan Lokal

Lifestyle | Rabu, 22 Juni 2022 | 12:01 WIB

Ajak Anak Pertama Makan Es Krim Tanpa Adik, Alasannya Bikin Publik Terenyuh

Ajak Anak Pertama Makan Es Krim Tanpa Adik, Alasannya Bikin Publik Terenyuh

Lifestyle | Rabu, 22 Juni 2022 | 08:39 WIB

Prank Pegawai Kedai Es Krim Agar Terlihat Romantis, Publik Justru Salfok dengan Hal Ini

Prank Pegawai Kedai Es Krim Agar Terlihat Romantis, Publik Justru Salfok dengan Hal Ini

Lifestyle | Selasa, 21 Juni 2022 | 16:04 WIB

Terkini

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

Filosofi Baru Oscar Bruzon Mulai Menggila, Pemain Bhayangkara FC Dipaksa Beradaptasi

Filosofi Baru Oscar Bruzon Mulai Menggila, Pemain Bhayangkara FC Dipaksa Beradaptasi

Bola | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 21:35 WIB

Polda DIY Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Pembubaran Ibadah Gereja di Bantul

Polda DIY Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Pembubaran Ibadah Gereja di Bantul

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 21:04 WIB

Puji Target Defisit Turun di RAPBN 2027, Habib Idrus Tetap Minta Keberpihakan pada Usaha Kecil

Puji Target Defisit Turun di RAPBN 2027, Habib Idrus Tetap Minta Keberpihakan pada Usaha Kecil

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 21:04 WIB

Ingin Setia: Debut Aziz Padurasta yang Meleburkan Reggae, Rock, dan Punk

Ingin Setia: Debut Aziz Padurasta yang Meleburkan Reggae, Rock, dan Punk

Entertainment | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 21:01 WIB

Tren Botox Meningkat, Ini Pentingnya Memastikan Perawatan Dilakukan Sesuai Standar Medis

Tren Botox Meningkat, Ini Pentingnya Memastikan Perawatan Dilakukan Sesuai Standar Medis

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 21:00 WIB

Sadar Kebijakan Tak Bisa Bahagiakan Semua Pihak, Rudy Susmanto Janji Terus Pembenahan di Bogor

Sadar Kebijakan Tak Bisa Bahagiakan Semua Pihak, Rudy Susmanto Janji Terus Pembenahan di Bogor

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Judi Online Kamboja Pakai Pulsa Buat Transaksi Rp890 M, 8 Markasnya Digerebek Bareskrim

Judi Online Kamboja Pakai Pulsa Buat Transaksi Rp890 M, 8 Markasnya Digerebek Bareskrim

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:51 WIB

×