facebook

Perbedaan Kebiasaan Merawat Gigi Masyarakat Korea dengan Indonesia

Risna Halidi
Perbedaan Kebiasaan Merawat Gigi Masyarakat Korea dengan Indonesia
Ilustrasi sikat gigi (Elements Envato)

Di Indonesia sendiri, kesadaran akan kesehatan gigi dan gusi tergolong masih cukup rendah.

Suara.com - Korean Wave atau ombak (tren) yang berkaitan Negeri Ginseng Korea Selatan tengah 'menghantam' seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, hal-hal berbau Korea sangat digemari sebagian orang Indonesia, entah itu musik, drama, makanan, skinker hingga gaya hidup lainnya.

Kekinian, produk dan tren perawatan ala Korea juga mulai menjamur di Tanah Air, termasuk menjaga kesehatan dan kecantikan gigi.

Salah satunya adalah selebriti Wonyoung yang menempuh berbagai cara agar dapat memiliki gigi sempurna. 

Baca Juga: 376 Pekerja Migran Indonesia Diberangkatkan ke Korea Selatan Melalui Skema EPS

Perawatan yang dilakukan para selebriti Korea ini pun tentunya menjadi salah satu tolok ukur penampilan seluruh penggemar mereka bahkan di seluruh dunia.

Perawatan luar biasa mereka dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi ini cukup memiliki perbedaan dengan negara lain, termasuk Indonesia.

Kebiasaan para selebriti maupun masyarakat di Korea Selatan dalam  menggosok gigi misalnya, mereka minimal menggosok gigi sampai tiga kali dalam sehari yaitu setiap selesai makan.

Di Indonesia sendiri, kesadaran akan kesehatan gigi dan gusi tergolong masih cukup rendah.

Hal ini dapat dilihat dari hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 terhadap 300.000 sampel rumah tangga yang mencatat proporsi perilaku menyikat gigi dengan benar hanya sebesar 2,8 persen.

Baca Juga: Ada Dukungan Pemerintah di Balik Kesuksesan Hallyu, Simak 4 Faktanya

Tidak hanya menyikat gigi, kebiasaan untuk mengganti sikat gigi maksimal 3-4 bulan sesuai dengan rekomendasi dari ADA (American Dental Association) pun harus dilakukan untuk mendapatkan kesehatan gigi dan gusi secara maksimal.

Dalam waktu dekat, sebuah perusahaan
akan memperkenalkan solusi permasalahan mulut masyarakat Indonesia, lewat produk perawatan gigi Korea yaitu K-Oral Care.

"Produk ini akan memiliki beragam konsep dan keunggulan yang sangat berbeda dibandingkan oral care yang sudah ada di Indonesia selama ini," tulis rilis yang diterima Suara.com, Rabu (29/6/2022).

Hal yang mengejutkan lainnya, produk tersebut akan menggunakan Brand Ambassador populer dari Korea Selatan yang siap menggebrak pasar oral care di Indonesia.

Penasaran siapa K-Pop Idol yang dimaksud?

Komentar