facebook

3 Manfaat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sebelum Mereka Masuk Usia Sekolah

Risna Halidi | Lilis Varwati
3 Manfaat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sebelum Mereka Masuk Usia Sekolah
ilustrasi pendidikan.(pexels)

Agar tidak kewalahan, dana pendidikan anak sebenarnya bisa disiapkan saat si buah hati belum masuk usia sekolah.

Suara.com - Biaya sekolah anak menjadi salah satu pengeluaran rutin yang perlu disiapkan orangtua setiap tahun. Apalagi jika memiliki lebih dari satu anak dengan jarak yang berdekatan, tentunya biaya sekolah akan lebih banyak lagi.

Agar tidak kewalahan, dana pendidikan anak sebenarnya bisa disiapkan saat si buah hati belum masuk usia sekolah. Sehingga, orangtua bisa mempersiapkannya sejak awal.

Tidak hanya agar biaya sekolah tercukupi dan beban pengeluaran rumah tangga jadi lebih ringan, aplikasi menabung online Bibit ungkap tiga alasan orangtua perlu menyiapkan dana pendidikan sejak awal.

1. Untuk Melawan Inflasi Dana Pendidikan
Rata-rata uang pangkal sekolah di Indonesia naik 10-20 persen per tahun. Di sisilain, biaya sekolah tidak hanya uang oangkal. Tapi juga seragam, buku, biaya les, maupun lainnya.

Baca Juga: 4 Sikap Baik yang Bisa Ditanamkan pada Anak Sejak Dini, Salah Satunya Tepat Waktu!

Jika uang pangkal tahun ini Rp13 juta dengan asumsi kenaikan sebesar 10 persen, maka kenaikan uang pangkal di tahun berikutnya menjadi sekitar Rp14,3 juta.

Bahkan lima tahun lagi menjadi lebih dari Rp20 juta. Kebayang kan berapa besar kenaikan uang pangkal setiap tahunnya?
 
2. Untuk Masa Depan Anak yang Lebih Baik
Menyiapkan dana pendidikan merupakan tanggung jawab orangtua agar anak-anak bisa memperoleh akses pendidikan yang lebih baik.

Apalagi, pendidikan bagi anak mrnjadi bekal dalam jangka panjang. Sebagai orangtua, tentunya berharap bisa memberikan pendidikan yang terbaik tanpa pusing memikirkan biayanya.

Dengan menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini, diharapkan tidak ada lagi kesulitan atau kekurangan biaya saat anak-anak memulai pendidikannya.

Sehingga orangtua juga anak bisa leluasa memilih sekolah mana pun yang ingin dituju berdasarkan uang yang sudah dikumpulkan.

Baca Juga: Blak-Blakan! Luna Maya Mengaku Punya Suami dan Dua Anak, Sosoknya Bikin Kaget

3. Tidak Perlu Berutang
Manfaat lain menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini ialah bisa terhindar dari utang. Memang naluri orangtua untuk melakukan apapun demi memberikan terbaik bagi pendidikan anak, bahkan itu jika harus berutang. 

Komentar