Punya Masalah dengan Kulit Sensitif? Begini Cara Melindunginya

Arendya Nariswari | Dyah Ayu Nur Wulan
Punya Masalah dengan Kulit Sensitif? Begini Cara Melindunginya
Ilustrasi kulit sensitif. (Pexels)

Berikut cara melindungi kulit yang sensitif.

Suara.com - Ketika cuaca panas datang, biasanya orang yang memiliki kulit sensitif akan mengalami beberapa masalah kulit seperti, kemerahan, ruam, iritasi, hingga pori-pori tersumbat. Tentu saja masalah kulit ini membutuhkan perawatan yang ekstra.

Saat cuaca panas memang waktunya untuk mengenakan pakaian yang tidak bikin gerah. Namun, hal itu malah yang membuat kulit jadi terpapar sinar matahari langsung. Jika kamu memiliki masalah kulit ini, yuk simak cara melindungnya.

Pertama, dilansir dari laman Times of Indian. Hal utama yang mesti dilakukan untuk mencegah masalah kulit sensitif adalah melindungi kulit dengan cara menutupinya dengan pakaian yang tertutup. Khususnya ketika kamu berpergian keluar rumah. Jangan lupa juga untuk membawa payung, sunglasses, dan topi yang besar.

Kedua, memakai sunscreen. Menggunakan sunscreen juga bisa melindungi kulit sensitifmu. Tak hanya itu, jahatnya sinar UV-A dan UV-B ini bisa membuat kulitmu jadi tanning, menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik, garis halus, hingga kerutan. Gunakanlah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih.

Baca Juga: dr. Richard Lee Pamer Foto 'Aib' Wajah Sendiri Sebelum Perawatan, Netizen: Dompet Care Guys

Ketiga, kulitmu harus selalu terhidrasi. Minumlah air putih yang banyak. Selain karena kamu akan mengeluarkan banyak keringat di cuaca yang panas, air putih juga bagus untuk melindungi kulit sensitifmu.

Keempat, rutin cuci muka. Gunakan pembersih muka yang ringan tanpa busa untuk melakukan cuci muka sekali atau dua kali dalam sehari. Hal ini penting untuk menghilangkan minyak dan polusi di pori-pori kulit. Jangan gunakan scrub yang keras pada kulit yang rentan karena itu menyebabkan kulit robek dan iritasi.

Kelima, gunakan pelembab water based. Penggunaan pelembab berbahan dasar air dapat menghidrasi kulitmu pada cuaca yang panas.

Jika hal-hal di atas tetap tidak bisa melindungi kulit sensitifmu. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit.

Baca Juga: Meratakan Gigi Tanpa Behel & Tanam Gigi Tanpa Bedah dengan Teknologi Mutakhir