facebook

Harga Tiket Pesawat Naik, Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Tambah Kursi dan Penerbangan

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Harga Tiket Pesawat Naik, Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Tambah Kursi dan Penerbangan
Ilustrasi tiket pesawat (Unsplash Nicole Geri)

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan tanggapan terkait kenaikan tarif tiket pesawat per Agustus 2022. Apa katanya?

Suara.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno berencana menambah jumlah ketersediaan kursi dalam penerbangan, menyikapi kenaikan tarif tiket pesawat per Agustus 2022.

Rencana ini dibuat Sandiaga seraya berkoordinasi dengan lintas kementerian, lembaga dan dunia usaha untuk menjawab tantangan dan solusi untuk wisatawan melancong ke berbagai daerah di Indonesia.

"Nah ini yang menjadi salah satu tantangan kita, saya berkoordinasi dengan kementerian, lembaga dan juga dengan dunia usaha bagaimana bisa menambah jumlah penerbangan, menambah ketersediaan kursi," ujar Sandiaga dalam acara peluncuran kemasan edisi khusus Destinasi Indonesia KitKat di Ayana Midplaza, Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022).

Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (1/8/2022). (Screenshot)
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (1/8/2022). (Screenshot)

Sandiaga menambahkan bahwa kondisi ini bukan hanya dialami Indonesia, tapi juga semua negara di dunia akibat dari kenaikan avtur atau aviation turbine, yaitu bahan bakar pesawat udara dengan tipe mesin turbin.

Baca Juga: Arsy Hermasyah CS Bawa Indonesia Bangga Lewat WCOPA, Sandiaga Uno Akan Traktir Makan

"Kita baru saja mendapat briefing dari Bank Dunia bahwa seluruh destinasi di dunia menghadapi kenaikan harga tour," jelas Sandiaga.

Pariwisata berbasis lokal, customize atau pesanan, dan melibatkan pengusaha kecil (small enterprises) juga dinilai Sandiaga bisa jadi solusi tiket pesawat yang terus merangkak naik.

Apalagi kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, itu wisatawan lokal dan domestik yang berwisata di dalam negeri sangat membantu industri pariwisata di saat turis mancanegara terhalang berlibur di Indonesia.

"Nah ini selain maskapai penerbangan, ada juga sarana transportasi lainnya yang kita kembangkan sehingga tujuan dari wisata itu bukan hanya yang wisata wisata mancanegara, bisa kita gunakan sebagai cara untuk menyiasati harga tiket yang mahal," tutup Sandiaga.

Adapun saat ini tiket pesawat udara di Indonesia sejak awal Agustus 2022, terpantau naik hingga 15 persen dari harga awal.

Baca Juga: Bobby Nasution Beri Hadiah Tiket Pesawat ke Jakarta untuk 3 Pelajar di Medan

Bahkan hal ini sesuai dengan Revisi Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 142 Tahun 2022 tentang Tarif Tiket Pesawat.

Komentar