Selain Bikin Nasi Jadi Rendah Gula, Rice Cooker Ini Juga Hasilkan Air Tajin yang Bermanfaat Untuk Kecantikan

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Selain Bikin Nasi Jadi Rendah Gula, Rice Cooker Ini Juga Hasilkan Air Tajin yang Bermanfaat Untuk Kecantikan
Rice Cooker Ini Hasilkan Air Tajin yang Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan. (Umeda)

Air tajin yang dihasilkan dari rice cooker ini bisa langaung digunakan untuk toner wajah.

Suara.com - Nasi kerap menjadi salah satu makanan yang dihindari oleh penderita diabetes. Pasalnya, meskipun karbohidrat di dalam nasi bisa menjadi energi, namun kandungannya akan berubah menjadi glukosa atau gula.

Hal ini tentu bisa membahayakan bagi penyandang diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi. Alih-alih kenyang, kesehatan malah bisa terancam. Bukan cuma itu itu, kandungan gula dalam nasi juga disebut dapat memicu naiknya berat badan. Hal ini tentun dihindari oleh mereka yang sedang menjalani diet.

Memahami kebutuhan tersebut, brand perlengkapan rumah tangga yang berkolaborasi dengan Jepang, Umeda, menghadirkan Okome, smart low sugar rice cooker yang bisa membuat nasi menjadi lebih sehat.

"Dengan teknologi terbaru siphon starch separation, rice cooker ini dapat memisahkan pati dari nasi secara maksimal, dengan menurunkan kadar gula hingga 47,5 persen," jelas Chris Prasetya Marketing Manager UMEDA, saat Suara.com temui dalam pembukaan Umeda Customer Experience Space di AEON Mall BSD, Tangerang, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Momen Nikita Willy Masak Bareng Mertua, Warganet Malah Salfok ke Hal Ini

Dengan rice cooker ini, air sari pati nasi yang mengandung gula, akan terpisah dengan sendirinya dalam wadah yang telah disediakan. Uniknya, air yang disebut sebagai air tajin tersebut dapat langsung digunakan untuk perawatan wajah dan rambut.

Hal ini dijelaskan oleh Founder Sunria Organik, Emily Sutanto, yang bekerja sama dengan Okome untuk menghasilkan nasi rendah gula yang sehat dari beras organik.

"Air tajin yang dihasilkan dari rice cooker ini bisa langaung digunakan untuk toner wajah, atau tinggal ditambahkan rosemary, lalu semprot-semprot ke rambut, karena kandungannya luar biasa bagi kulit dan rambut," ujarnya.

Untuk mendapatkan air tajin untuk rice cooker ini, Emily memberikan perbandingannya, yakni dengan takaran 4:2 atau 4 cup air : 2 cup beras.

Setelah itu, masukkan innerpot seperti biasa, dan tambahkan stainless steel tray di atasnya. Nantinya air tajin yang akan digunakan akan tertampung di sana.

Baca Juga: Viral Pria Makan Nasi Padang Topping Brownies, Emang Enak?

Air tajin sendiri, seperti dilansir Medical News Today, memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Di antaranya ialah mencegah efek radikal bebas, pengurangi penuaan kulit, mengurangi iritasi pada kulit, mengobati ketombe di kulit kepala, hingga meningkatkan pencernaan dan usus, mengatasi diare, serta mencegah dehidrasi.