5 Penyebab Jerawat Pasir, Beruntusan di Wajah yang Sering Terabaikan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Penyebab Jerawat Pasir, Beruntusan di Wajah yang Sering Terabaikan
Ilustrasi perempuan dengan wajah berjerawat (Pexels/Kindel Media)

Apakah Anda kerap merasa kulit wajah Anda kasar padahal tidak ada jerawat di sana? Bisa jadi ini adalah jerawat pasir.

Suara.com - Jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang kerap datang secara tiba-tiba. Tidak jarang, jerawat juga muncul disertai gatal dan nyeri. Selain jerawat batu yang selama ini cukup populer, ada juga jerawat pasir yang berukuran kecil namun datang secara berkelompok.

Dilansir dari laman very well health, banyak orang yang tidak menyadari jerawat pasir atau comedonal acne di wajah mereka. Ini karena ukuran komedo yang sangat kecil dan tidak terlihat menonjol di permukaan wajah seperti jerawat pada umumnya.

Jerawat pasir biasanya berwarna keputihan atau bahkan menyerupai kulit. Inilah mengapa ia kadang tidak dikenali.

Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)

Lantas, darimana asalnya jerawat pasir ini?

Baca Juga: 8 Tips Mencuci Muka yang Benar agar Terlihat Bersih Terhindar dari Jerawat

Penyebab jerawat pasir adalah adanya sebum serta kulit-kulit mati yang terperangkap di dalam folikel. Peran pori-pori untuk mengeluarkan minyak akan terhambat sehingga kelebihan sebum di dalamnya akan mengundang bakteri berkembang biak. Pori-pori sendiri bisa tersumbat karena beberapa hal berikut:

1. Sering memegang wajah

Penyebab utama jerawat pasir adalah wajah yang tidak terjaga kebersihannya. Perlu diingat, memegang wajah secara berlebihan tidaklah baik, mengingat tangan Anda banyak membantu dalam beraktivitas dan memegang beragam benda yang sangat mungkin dipenuhi bakteri.

2. Perubahan hormon

Remaja puber merupakan salah satu golongan yang kerap didatangi jerawat pasir. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon androgen. Selain itu, seorang wanita dengan polycystic ovary syndrome (PCOS) juga berpotensi besar terkena jerawat pasir karena hormonnya yang tidak seimbang.

Baca Juga: Buat yang Punya Masalah Jerawat Punggung, Ini 5 Cara Mengatasinya

3. Makeup tidak bersih

Apakah Anda memakai makeup setiap harinya? Lalu, apakah Anda telah membersihkannya dengan benar? Pasalnya, jika tidak, sisa-sisa makeup itu juga akan menutup pori-pori sehingga bruntusan bermunculan.

Ilustrasi gorengan. (Unsplash.com/ HONG FENG)
Ilustrasi gorengan. (Unsplash.com/ HONG FENG)

4. Konsumsi minyak berlebih

Gorengan memang menjadi salah satu makanan yang nikmat. Hanya saja, ingatlah bahwa minyak di dalamnya dapat memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak lagi yang kemudian menyebabkan peradangan dan memberikan masalah di wajah. Selain tidak baik buat kesehatan, rupanya terlalu banyak mengkonsumsi minyak juga bisa berdampak buruk untuk wajah.

5. Stres

Tanpa disadari, stres seringkali memicu perubahan pola makan hingga kebiasaan tidur. Sayangnya, tidak hanya mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, stres juga bisa memicu timbulnya jerawat pasir karena kondisi ini memicu perubahan hormon.

Demikian informasi mengenai jerawat pasir dan apa saja yang menyebabkannya muncul di wajah. Jerawat pasir mungkin tidak terlihat, namun saat memegangnya, itu akan sangat terasa karena jumlahnya yang biasanya tidak hanya satu atau dua.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri