Jarang Diketahui, 4 Hal Ini Bisa Bikin Rambut Berminyak Makin Parah

Yasinta Rahmawati
Jarang Diketahui, 4 Hal Ini Bisa Bikin Rambut Berminyak Makin Parah
Ilustrasi rambut berminyak.[Pixels]

Tapi selain keramas terlalu sering, adakah hal lain yang bisa memicu rambut berminyak makin parah?

Suara.com - Rajin keramas memang menjadi rutinitas wajib bagi pemilik kulit kepala dan rambut yang mudah berminyak. Namun jangan salah, keramas atau mencuci rambut terlalu sering justru akan membuat rambut berminyak semakin parah.

Tapi selain keramas terlalu sering, adakah hal lain yang bisa memicu rambut berminyak makin parah?

Dirangkum dari Southern Living, Anda perlu menghindari beberapa daftar berikut, karena menyebabkan minyak semakin menumpuk di rambut.

1. Sering menyentuh rambut

Baca Juga: Sehari Dua Kali Keramas, Kiky Saputri: Gini Banget Ya Jadi Penganten

Karena tangan juga dilapisi minyak alami untuk melindungi kulit, maka setiap kali Anda menyentuh rambut, Anda akan mentransfer minyak itu langsung ke rambut.

Ilustrasi wanita mengucir rambut (Pixabay/@stevebidmead)
Ilustrasi wanita mengucir rambut (Pixabay/@stevebidmead)

2. Selalu mengucir rambut

"Mengikat rambut menjadi ekor kuda dapat menyebabkan akumulasi minyak dan kotoran pada kulit kepala di bawah kuncir kuda," kata Joshua Zeichner, MD.

Pada dasarnya, minyak, kotoran, dan lemak ini terperangkap di celah-celah kecil di antara helai rambut karena karet tersebut, membuat rambut tidak 'bernapas'.

3. Terus-terusan menyisir rambut

Baca Juga: Resmi Menikah dengan Muhammad Khairi, Kiky Saputri Pamer Beres Mandi: Sehari Dua Kali Keramas

Menyisir rambut membantu mendistribusikan minyak, yang membantu rambut mempertahankan tampilan yang halus dan berkilau. Namun, Cosmopolitan melaporkan bahwa perilaku menyisir yang sama juga dapat merangsang produksi minyak. Jadi sebaiknya hanya sikat dan sentuh rambut saat perlu saja.

4. Tidak mendapat cukup vitamin B

Apa yang Anda makan memang mempengaruhi setiap inci tubuh, sampai ke ujung rambut. Menurut HealWithFood, asupan vitamin B seseorang secara langsung mempengaruhi tingkat produksi sebum (minyak) seseorang.

"Asupan vitamin B yang cukup, terutama vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B6 (piridoksin), dapat membantu memerangi rambut berminyak dengan mengatur produksi sebum," jelas situs tersebut.