Fakta-fakta Distrik Itaewon, Lokasi Tragedi Halloween Maut Dipenuhi Tempat Hiburan Malam

Agatha Vidya Nariswari
Fakta-fakta Distrik Itaewon, Lokasi Tragedi Halloween Maut Dipenuhi Tempat Hiburan Malam
Tragedi Halloween di Itaewon, Korea Selatan tewaskan 146 orang dan ratusan lain terluka., Sabtu (29/10/2022) waktu setempat. [Anthony Wallace/AFP]

Suasana distrik Itaewon mencekam pada Sabtu, (29/10/22) usai ribuan orang berdesakan dan menelan korban jiwa.

Suara.com - Tragedi maut "Halloween Itaewon" kini menjadi momok besar bagi masyarakat Korea Selatan, bahkan masyarakat dunia. Pasalnya, perayaan Halloween yang harusnya menjadi ajang keseruan para anak anak muda di Korsel tiba-tiba mencekam usai terjadi desak-desakan yang menyebabkan setidaknya 153 orang menjadi korban jiwa dalam acara tersebut.

Ribuan orang yang berdesakan di gang kecil dan menjadi kekurangan oksigen malah berubah menjadi peristiwa maut. Ratusan orang yang pingsan pun diberikan bantuan nafas buatan oleh orang-orang disana, namun akhirnya pemerintah Korsel mengumumkan ratusan nyawa terenggut pada Sabtu malam, (29/10/2022) lalu.

Salah satu publik figur ada yang menjadi korban dalam tragedi ini. Ia adalah aktor Lee Ji Han yang juga pernah menjadi kontestan dalam Produce 101 Season 2.

Distrik Itaewon yang sering menjadi lokasi syuting berbagai drama Korea ini pun menyimpan banyak keunikan, di luar kejadian "maut" yang baru-baru ini terjadi. Simak inilah fakta-fakta distrik Itaewon yang juga pernah menjadi lokasi syuting drama Korea Itaewon Class ini selengkapnya.

Baca Juga: Pemain Itaewon Class, Kim Ji Young Bereaksi Usai Dituding Tipu Mantan Pacar Hingga Kabur Saat Ditagih Utang

1. Banyak ekspatriat tinggal di sana

Distrik Itaewon berlokasi di Yongsan-gu di selatan Myeongdong dan di utara Sungai Han. Lokasinya yang strategis membuat distrik ini menjadi salah satu distrik di Korea dengan jumlah pendatang asing atau ekspatriat terbesar di Korea Selatan. Konon katanya, Itaewon juga menjadi daerah di Korea Selatan yang lebih banyak orang asing dibanding orang lokal. 

2. Bertebaran restoran internasional

Bukan hanya banyak pendatang asing yang memilih tinggal di daerah Itaewon, namun juga fasilitas yang terdapat disana seperti restoran restoran Internasional dan ramah dengan pengunjung mancanegara. Hal ini membuat distrik Itaewon juga menjadi tempat favorit turis untuk menghabiskan uang mereka di restoran internasional ternama di sepanjang distrik ini.

3. Terdapat banyak perumahan elit

Baca Juga: 6 Drama Korea Populer Adaptasi dari Webtoon, Ada Apa Saja?

Orang-orang kaya di Korea Selatan pun kebanyakan tinggal di daerah Itaewon, mengingat distrik ini juga memiliki banyak perumahan elit yang lengkap dengan fasilitas mewah. Perumahan ini juga dikelilingi dengan gedung gedung perkantoran tinggi dengan pemandangan Sungai Han yang indah.

4. Penuh dengan hiburan malam

Kehidupan glamor para warga Itaewon pun tak lepas dari gaya hidup mereka yang erat dengan bar, cafe, atau hiburan malam. Sepanjang 1,4 km distrik ini, banyak gang gang kecil yang dipenuhi dengan tempat hiburan malam, mulai dari fancy bar hingga bar bar kecil tempat orang sering mabuk-mabukan.

5. Pesta Halloween sering diadakan di sini

Pesta perayaan Halloween ternyata sering dipusatkan di Itaewon. Tak ayal, banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang ke distrik ini hanya untuk menikmati kemeriahan Halloween yang didukung oleh pemilik usaha disana. Beberapa restoran pun ikut merayakan dengan menyediakan makan-makanan khas Halloween, bahkan membuat peraturan kepada setiap pelayan restoran untuk menggunakan baju khas Halloween. 

Kejadian maut Halloween Itaewon ini diduga karena antusiasme warga yang terlalu tinggi setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi. Namun, penyebab utamanya hingga kini masih diselidiki oleh kepolisian setempat.

Kontributor : Dea Nabila