Berkaca dari Bunga Zainal dan Suaminya yang Jauh Lebih Tua, Apakah Perempuan Rentan Punya Father Complex?

M. Reza Sulaiman
Berkaca dari Bunga Zainal dan Suaminya yang Jauh Lebih Tua, Apakah Perempuan Rentan Punya Father Complex?
Bunga Zainal dan Sukhdev Singh (Instagram Bunga Zainal)

Bunga Zainal dan suaminya Sukhdev Singh menjadi sorotan netizen. Apakah perempuan yang mencari pasangan jauh lebih tua mengidap father complex?

Suara.com - Bunga Zainal dan suaminya Sukhdev Singh menjadi sorotan netizen baru-baru ini, setelah berlibur bersama di Magelang, Jawa Tengah. Seperti diketahui, bahwa beda usia Bunga Zainal dan Sukhdev memang terbilang cukup jauh, yakni sekitar 18 tahun.

Netizen bertanya-tanya apakah perempuan yang memiliki hubungan asmara dengan pria yang jauh lebih tua memiliki father complex. Kondisi apa sih itu?

Mengutip Healthline, father complex adalah istilah yang digunakan psikolog kenamaan Sigmund Freud di tahun 1910 dalam tulisan pertamanya tentang psikoanalis, bersama Carl Jung. Ia menggunakan istilah father complex bagi perempuan yang mencari pasangan dengan usia jauh lebih tua, karena mengingatkan mereka kepada ayah sebagai cinta pertama.

Potret kemesraan Bunga Zainal dan suami. (Instagram/ bungazainal05)
Potret kemesraan Bunga Zainal dan suami. (Instagram/ bungazainal05)

Amy Rollo, pakar psikoterapi dari Heights Family Counseling di Texas, menyebut dasar dari perempuan menyukai pria yang lebih tua adalah kebutuhan akan perhatian dan pengakuan dari sosok ayah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta 6 Februari 2023, Libra Jangan Iseng atau Coba-Coba Berulah!

"Jika seorang anak tidak memiliki sosok ayah dalam hidupnya, mereka bisa tumbuh sebagai pribadi yang insecure. Ketika dewasa, mereka mencari perhatian dan pengakuan dari pasangannya yang lebih tua," tuturnya.

Selain insecure, Rollo mengatakan ada ciri lain seseorang mengidap father complex. Beberapa di antaranya adalah, butuh banyak pengakuan, sering pesimis terhadap hubungannya sendiri, dan terlalu posesif.

Meski begitu diakui Rollo, tidak semua father complex berdampak buruk bagi hubungan percintaan. Pada kondisi ekstrem, memang istri berisiko menjadi tertekan dan tidak mampu mengekspresikan dirinya dengan baik.

Bunga Zainal dan Sukhdev Singh (Instagram Bunga Zainal)
Bunga Zainal dan Sukhdev Singh (Instagram Bunga Zainal)

Tapi jika dilakukan dengan batasan yang baik, father complex bisa membuat hubungan percintaan bertahan lama dan lebih awet.

Sebelumnya diberitakan, Bunga Zainal murka kala publik mempermasalahkan pilihannya untuk menikah dengan pria yang jauh lebih tua bernama Sukhdev Singh.

Baca Juga: Satu Kerjaan dengan Orang yang Tak Suka, Sikap Profesional Ayu Ting Ting Dipuji

Melalui Instagram Story yang diunggah pada Jumat (25/11/2022), mantan pesinetron ini meluapkan emosinya dengan mengatakan bahwa dirinya tidak peduli suaminya beda usia 18 tahun.