Jokowi Sempat Larang Pejabat Bikin Resepsi Pernikahan Mewah, Kok Undangan Nikahan Kaesang Sampai 3.000?

M. Reza Sulaiman
Jokowi Sempat Larang Pejabat Bikin Resepsi Pernikahan Mewah, Kok Undangan Nikahan Kaesang Sampai 3.000?
Netizen soroti pernikahan mewah putra Jokowi. (dok. Twitter)

Jokowi sempat larang pejabat gelar resepsi pernikahan mewah. Netizen menyoroti jumlah tamu undangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang berjumlah ribuan.

Suara.com - Presiden Jokowi kerap mengeluarkan pernyataan tentang gaya hidup sederhana dan tidak pamer kekayaan pada pejabat, termasuk kepala daerah dan perwira TNI dan Kepolisian. Tapi nyatanya, undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono disebar kepada ribuan orang.

Bahkan pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pernah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana. Isinya adalah pembatasan jumlah undangan dalam resepsi pernikahan yang dilakukan pejabat, termasuk Presiden Jokowi.

Berdasarkan surat edaran yang ditandatangani oleh Menpan-RB saat itu Yuddy Chrisnandi, diketahui pejabat hanya boleh menyebarkan 400 undangan dengan jumlah tamu maksimal 1.000 orang. Namun pembatasan ini tidak berlaku jika acara dilakukan di rumah sendiri.

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi  [suara.com/Oke Atmaja]
Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi [suara.com/Oke Atmaja]

Tak pelak, netizen pun turut membicarakan kontroversi ini. Tidak sedikit yang menyindir Presiden Jokowi soal melanggar sendiri aturan yang dibuatnya.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jokowi Wanti-wanti TNI dan Polri Tak Terlibat Politik Praktis

"Mas...maaf , tolong ada yang klarifikasi dari panitia nya, acara resepsi bisa banyak undangan. Karena pernah ada himbauan ( atau aturan ? ) tahun 2014 dari menteri Pak Jokowi ,yang isinya ,kalau nggak salah : kalau buat acara resepsi jangan lah mewah , jangan banyak undangan," tulis akun @Gunt******** kepada Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming.

Sayangnya pertanyaan ini tidak dijawab oleh kedua putra Jokowi tersebut. Netizen yang lain pun menyindir peraturan berubah karena periode yang berbeda.

"Presidennya udah beda (periode). Jadi jangan diungkit2 lagi. Paham kelen?! Sekarang : BOLEEEEHHH," tulis akun @ragi*****.

"Bagaimana ini dgn adanya rencana resepsi pernikahan di Solo !? Bukan hanya direncanakan mewah, tp juga sp menggunakan apkam negara secara besar2an yg biayanya juga tdk jelas?!," tulis @Bahar****.

Presiden Jokowi di acara HUT PGRI ke 77 dan Peringatan Hari Guru Nasional, di Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (3/12/2022).
Presiden Jokowi di acara HUT PGRI ke 77 dan Peringatan Hari Guru Nasional, di Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (3/12/2022).

Namun tidak sedikit juga yang membela, dengan mengatakan acara pernikahan putra Jokowi dinilai sederhana untuk seorang presiden.

Baca Juga: Ijazahnya Dikatakan Palsu, Gibran: Tanya Ke Pihak Kampus Singapura

"Batasan "Mewah" tuh seperti apa...? Untuk ukuran seorang Presiden, resepsi Jokowi ini tergolong sangat sederhana, dibandingkan dengan pernikahan dari anak² konglomerat indo," tulis @Waho*****.