Tren Warna Desain Interior Tahun Ini Terinspirasi dari Alam, Bikin Lebih Betah di Rumah

Fabiola Febrinastri
Tren Warna Desain Interior Tahun Ini Terinspirasi dari Alam, Bikin Lebih Betah di Rumah
ilustrasi desain interior [shutterstock]

Desain interior pun telah menetapkan tren warnanya sendiri.

Suara.com - Masuk 2023, berbagai sektor menyatakan optimismenya dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk sektor properti. Sebagai bagian dari sektor ini, desain interior pun telah menetapkan tren warnanya sendiri, yang terinspirasi dari alam dan membuat masyarakat bakal lebih betah tinggal di rumah.

Hal ini diungkapkan Founder Design Intervention, Nikki Hunt, interior desainer global.

"Color of the Year 2023, kami sebut dengan Wild Wonder. Warna-warna ini bisa membantu kita untuk istirahat lebih baik, sehingga kita mampu mengalami good life quality and live longer, dan bahkan bisa lebih betah tinggal di rumah," ujarnya Dulux Colour of The Year 2023, Wild Wonder, di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Diskusi Dulux Colour of The Year 2023, Wild Wonder, di  Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (24/1/2023). (Suara.com/Nessy F)
Diskusi Dulux Colour of The Year 2023, Wild Wonder, di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (24/1/2023). (Suara.com/Nessy F)

Sesuai dengan tren warna kali ini, Dulux telah meluncurkan 4 palet warna cat dekoratif, yang disebut sebagai Wild Wonder, yaitu Lush, berupa warna hutan, bernuansa lembut, mampu memberi suasana nyaman dan menenangkan hati.

Baca Juga: Sedang Cari Warna Rambut yang Bagus di 2023? Intip 6 Inspirasinya

Buzz, terinspirasi dari hamparan padang rumput hijau, dengan keanekaragaman hayati ladang bunga liar. Raw, terinspirasi dari musim panen, yang menggambarkan kekayaan sumber daya alam yang mendukung kreativitas dan semnagat produktif.

Palet keempat, Flow, terinspirasi dari warna pantai, yang memberi kesan siklus kehidupan yang teratur, damai dan tenang.

"Wild Wonder dan palet warna pendukungnya akan memberikan energi positif dan hal-hal positif ke dalam rumah. Konsumen dapat membayangkan tampilan baru yang menarik untuk interior rumah mereka, sekaligus menciptakan hunian yang memberikan inspirasi dan menenangkan hati," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Yudhy Aryanto mengatakan, tren warna ini dipilih berdasarkan penelitian yang dilakukan AkzoNobel Decorative Paints Indonesia di Amsterdam, Belanda, setiap tahun, dengan melakukan riset terhadap tren global yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Yudhy menyatakan optimismenya, produk akan diterima masyarakat Indonesia. Wild Wonder Dulux sendiri sudah dipasarkan sejak 3 bulan terakhir tahun lalu. Warna-warna ini diprediksi akan menjadi pilihan masyarakat kebanyakan setelah pandemi.

Baca Juga: Kenali Bagaimana Kesempatan Kerja dan Prospek Jurusan Desain Interior

"Pasar perumahan merupakan sektor yang pasti masih akan bertumbuh tahun ini. Kami memiliki tren warna, yang kami sebut sebagai Wild Wonder. Tren ini terinspirasi dari alam, yang dinilai mampu membantu meningkatkan mindfulness, manusia sadar akan kondisi di sekitarnya," ujarnya.