Benarkah Suplemen Makanan Efektif Obati Depresi, Begini Penjelasannya!

Suara Linimasa

Senin, 03 Juli 2023 | 16:43 WIB
Benarkah Suplemen Makanan Efektif Obati Depresi, Begini Penjelasannya!
Ilustrasi depresi atau gangguan mental. (Pixabay)

LINIMASA - Manusia memiliki berbagai macam perasaan, di antaranya sedih dan murung. Perasaan ini sangat wajar terjadi, tapi bisa menimbulkan masalah apabila dirasakan berlarut-larut dan mempengaruhi aktivitas dan pergaulan.

Depressive disorder atau yang lebih dikenal sebagai depresi merupakan gangguan mental yang umum terjadi. Gejala yang muncul dapat dikategorikan ringan dan sementara, berat dan berkepanjangan. 

Gangguan ini melibatkan suasana hati yang tertekan, kehilangan perasaan senang dan minat melakukan aktivitas.

Dalam laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 3,8 persen orang di dunia mengalami depresi. Depresi bisa terjadi pada siapa saja, wanita memiliki peluang depresi lebih besar daripada laki-laki. 

Meskipun pengobatan terhadap depresi telah ada seperti pemberian obat-obatan dan terapi psikologi, tidak semua orang berhasil dengan metode yang sudah ada.

Dikutip dari laman Medical News Today, penelitian baru dilakukan untuk menguji efektivitas suplemen bagi penderita depresi.

Gejala-gejala dari depresi di antaranya meliputi suasana hati yang tertekan, kehilangan minat pada aktivitas, penurunan atau peningkatan berat badan yang tidak disadari, penurunan atau peningkatan nafsu makan, gangguan tidur, kelelahan berlebih, gangguan berpikir atau konsenstrasi, hingga pikiran untuk bunuh diri.

Sebagian besar obat antidepresan umumnya efektif mengobati depresi dalam tingkat yang lebih parah. Pengobatan pertama pada penderita depresi umumnya adalah inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) yakni fluoxetine (Prozac) dan citalopram dengan efek samping seperti sulit tidur, agitasi, disfungsi seksual dan keinginan untuk bunuh diri.

Efek samping dari beberapa obat depresan membuat sebagian besar orang mencari alternatif lain seperti mengkonsumsi suplemen nutrisi. Pertanyaannya adalah apakah suplemen makanan dapat meringankan gejala atau meningkatkan efektivitas antidepresan?

baca juga

Sebhem Unluisler, insinyur genetika di London Regenerative Institute mengatakan bahwa ada beberapa bukti suplemen makanan tertentu memiliki efek mengurangi gejala depresi. Namun hal ini tidak dapat menjadi patokan sebagai pengobatan mandiri dan hasil yang didapat dapat berbeda pada masing-masing individu.

Penelitian yang dilakukan pada 2019 menunjukkan suplemen gizi dengan kandungan asam folat dan vitamin D tidak lebih baik dalam upaya pencegahan depresi berat dibandingkan plasebo. Sebaliknya, penurunan berat badan dan diet sehat dapat membantu mengatasi gejala depresi.

Pada 2022 temuan dari 41 studi bahwa vitamin D memiliki manfaat bagi penderita gejala depresi. Vitamin D mempengaruhi terhadap produksi dan pengaturan neurotransmitter seperti serotonin yang berperan dalam pengaturan suasana hati.

Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa rendahnya zat besi juga dapat menimbulkan gejala depresi karena mengubah metabolisme dopamin dan mempengaruhi kadar serotonin dimana keduanya berperan dalam perubahan suasana hati.

Pada kesimpulannya, pencegahan dan pengobatan terbaik pada depresi adalah dengan mengikuti diet sehat dan konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan fermentasi yang mungkin memiliki manfaat yang sama dengan sedikit efek samping dibanding dengan obat-obatan antidepresan. Hal ini mengacu pada bukti penelitian yang belum valid.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

4 Rekomendasi Film Sedih Ampuh Bikin Nangis Kejer Penontonnya!

4 Rekomendasi Film Sedih Ampuh Bikin Nangis Kejer Penontonnya!

Your Say | Minggu, 02 Juli 2023 | 21:30 WIB

5 Cara Bikin Mental Sehat Secara Mandiri, Patut Dicoba!

5 Cara Bikin Mental Sehat Secara Mandiri, Patut Dicoba!

Your Say | Rabu, 28 Juni 2023 | 14:11 WIB

4 Cara Menghindari Depresi Gara-Gara Kerjaan Kantor, Cegah Stres Sebelum Gajian

4 Cara Menghindari Depresi Gara-Gara Kerjaan Kantor, Cegah Stres Sebelum Gajian

Lifestyle | Senin, 26 Juni 2023 | 09:38 WIB

Terkini

Impact Investing Indonesia Tembus 1,5 Miliar Dolar AS, Kolaborasi Jadi Kunci Perluasan Dampak

Impact Investing Indonesia Tembus 1,5 Miliar Dolar AS, Kolaborasi Jadi Kunci Perluasan Dampak

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 08:15 WIB

Harga Emas di Pegadaian Naik! Cek Rincian Logam Mulia Galeri24 dan UBS Hari Ini

Harga Emas di Pegadaian Naik! Cek Rincian Logam Mulia Galeri24 dan UBS Hari Ini

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 08:10 WIB

Mengapa Sepatu Putih Berubah Kuning setelah Dicuci? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Mengapa Sepatu Putih Berubah Kuning setelah Dicuci? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 08:10 WIB

Kumpul Jelang HUT RI, Sekjen Koalisi Prabowo Bahas Penguatan Kabinet dan Masalah Puluhan Tahun

Kumpul Jelang HUT RI, Sekjen Koalisi Prabowo Bahas Penguatan Kabinet dan Masalah Puluhan Tahun

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 08:08 WIB

Jembatan Putus Way Pengubuan Belum Juga Diperbaiki

Jembatan Putus Way Pengubuan Belum Juga Diperbaiki

Lampung | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 08:02 WIB

Nasib ABK WNI Pascaserangan kapal MV Tihamah di Selat Bab Al Mandeb Yaman Masih Dicari

Nasib ABK WNI Pascaserangan kapal MV Tihamah di Selat Bab Al Mandeb Yaman Masih Dicari

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 08:00 WIB

Saham BUMN Ada yang Berpotensi Delisting, Danantara Mau Fokus Ini

Saham BUMN Ada yang Berpotensi Delisting, Danantara Mau Fokus Ini

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:54 WIB

Kinerja Bank Besar Melaju Pada Kuartal II, BFIN dan BBCA Jadi Saham Kejutan

Kinerja Bank Besar Melaju Pada Kuartal II, BFIN dan BBCA Jadi Saham Kejutan

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:50 WIB

Lockbox Terasa Seperti Dua Film yang Dipaksa Menjadi Satu

Lockbox Terasa Seperti Dua Film yang Dipaksa Menjadi Satu

Your Say | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:50 WIB

Pengamanan Diperketat, Helikopter dan Rantis Disiagakan Jelang Kedatangan Prabowo di DPR

Pengamanan Diperketat, Helikopter dan Rantis Disiagakan Jelang Kedatangan Prabowo di DPR

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:47 WIB

×