alexametrics

Hadiri Rakernas PDI Perjuangan, PAN Tetap Ikut Koalisi Merah Putih

Laban Laisila
Hadiri Rakernas PDI Perjuangan, PAN Tetap Ikut Koalisi Merah Putih
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ketiga kiri), presiden terpilih Joko Widodo (kedua kiri), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri), dan Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo (ketiga kanan), [Antara/R. Rekotomo]

Drajad Wibowo: Perbedaan politik tidak boleh menjadi perpecahan.

Suara.com - Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan akan tetap berada di Koalisi Merah Putih meskipun perwakilan dari mereka menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Marina Convention Center, Semarang, Jumat (19/9/2014).

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edy mewakili PAN untuk menghadiri Rakernas PDIP yang dihadiri 1.590 kader partai itu serta presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla.

"Jadi saya tegaskan PAN tetap berada di Koalisi Merah Putih tidak berubah posisinya namun kita ingin tunjukkan kepada masyarakat bahwa perbedaan politik tidak boleh menjadi perpecahan karena bagaimana pun bendera kita sama, Pancasila sama,” kata Dradjad disela-sela Rakernas PDIP.

Menurut Dradjad, kehadirannya mewakili PAN untuk menjaga silaturahim dengan PDIP meskipun keduanya memiliki perbedaan pandangan politik.

"Ini budaya yang dikembangkan para founding fathers kita, Bung Karno, Bung Hatta, dan semuanya bahwa meskipun mereka punya perbedaan politik yang tajam tetapi silaturahimnya tetap jalan," ujar Dradjad.

Dia menambahkan bahwa PAN ingin memberi pembelajaran pada masyarakat bahwa perbedaan politik tidak boleh menjadi perpecahan.

"Kami diundang dan setelah dipertimbangkan secara matang, kami hadir dalam rangka silaturahim," terang Drajad lagi.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Dradjad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edyk menghadiri Rakernas PDIP menjelang rakernas tersebut dimulai. Kehadirannya disambut tepuk tangan dari para kader partai.

Selain perwakilan PAN yang merupakan bagian dari Koalisi Merah Putih, hadir pula perwakilan dari PPP yakni Ketua Umum plt PPP Emron Pangkapi menghadiri Rakernas IV PDIP didampingi Wakil Sekretaris Jenderal Isa Muchsin.

Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua Penyelenggara Rakernas IV Puan Maharani menyambut baik kehadiran perwakilan dari kedua partai Koalisi Merah Putih.