Sebelum Pelihara Burung Kicau, Ketahui Hal Ini

Siswanto | Tri Setyo
Sebelum Pelihara Burung Kicau, Ketahui Hal Ini
Kompetisi burung Royal Cup di lapangan Banteng, Jakarta Pusat [suara.com/Oke Atmaja]

Perawatan burung butuh kesabaran. Soalnya, burung termasuk hewan yang mudah stres.

Suara.com - Bagi para penggemar burung kicau, perawatan merupakan hal paling penting untuk menjaga kualitas kicauan. Mereka rela meluangkan waktu lebih demi merawat hewan kesayangan

"Kalau untuk waktu, kita banyak luangin untuk burung. Karena ngerawat burung ini kan sulit, jadi kita harus bisa membagi waktu biar burung ini juga terjaga kualitasnya," kata penggemar burung, Okky, kepada Suara.com di acara kompetisi burung Royal Cup di lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2015).

Perawatan burung butuh kesabaran. Soalnya, burung termasuk hewan yang mudah stres.

"Burung kan harus dimandikan setiap pagi, terus dijemur biar kena matahari pagi, dan dikasih makan. Ya ribet sih, tapi kita mah enjoy aja, sudah jadi hobi," kata Okky.

Warga Indramayu, Jawa Barat, menambahkan kalau burung dirawat dengan benar, kelak memberikan timbal balik. Timbal balik yang dimaksud ialah dengan meningkatnya kualitas burung.

"Burung ini ya dia ngertilah. Kalau dia dirawat dengan baik dia juga akan timbal balik ke kita. Dari suara juga tambah bagus. Dan juga tambah jinak," katanya.

Juara kontes burung cucak hijau ini mengimbau masyarakat, jika ingin pelihara burung kicau harus perhatikan perawatan. Jangan sampai burung malah tidak terurus, lalu mati.

"Kalau mau pelihara burung ya harus paham dulu konsekuensinya. Jangan sampai udah dibeli, nanti nggak diurus dan mati. Kasihan juga burungnya," tambahnya.

Saat ditanya mengenai harga burungnya yang menjadi juara, ia tidak mau menyebut harga pasti. Karena menurutnya hobi tidak memandang harga.

"Ya adalah, paling puluhan (juta). Kalau sudah hobi ya kita belain, karena hobi kan kadang nggak pandang harga. Disini kan yang kita omongin kepuasan bathin," kata Okky.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS