facebook

Ditabrak Tugboat, Dinding Penyangga Jembatan Dua Barelang Retak

Esti Utami
Ditabrak Tugboat, Dinding Penyangga Jembatan Dua Barelang Retak
Jembatan Barelang. (pustaka.pu.go.id)

Diduga mesin kapal mati sehingga kapten kapal kehilangan kendali.

Jembatan Dua Barelang mengalami kerusakan pada bagian tiang penyangga akibat ditabrak kapal tunda (Tugboat) yang melintas di bawah jembatan tersebut.

"Tugboat Harlina 123 tersebut menabrak jembatan pada Kamis (27/8/2015) lalu sekitar pukul 01.00 WIB. Akibatnya, dinding penyangga tiang itu mengalami retak dan pecah," kata Sekretaris Gerakan Pemuda Hinterland (GPH) Norimat di Jembatan Dua Barelang, Selasa (1/9/2015).

Ia mengatakan, tugboat yang sedang menarik tongkang muatan batu bara itu menabrak jembatan dua diduga karena mesin tugboat mati sehingga terseret terbawa arus lalu menabrak satu tiang penyangga.

"Kami bersama, sejumlah nelayan yang mengetahui peristiwa itu langsung menuju lokasi kejadian menggunakan kapal kecil. Namun pada saat tiba di lokasi, tugboat tersebut sudah meninggalkan jembatan," kata dia.

Kapal tersebut, kata dia, terus berjalan menuju PLTU Tanjung Kasam, Telaga Punggur sebelum berhasil di hentikan.  Awalnya, ujarnya, kapten kapal berkilah telah menabrak jembatan dua ini. Tetapi dari bekas di tongkang yang penyok, mereka tidak bisa berkilah dan mengakui kalau tongkang mereka menyerempet dinding tiang penyangga jembatan.

Agen Tugboat, Salman yang dihubungi membenarkan kejadian tersebut, menurutnya sudah tidak ada masalah, karena telah dilaporkan ke pihak terkait.

"Sudah tidak ada masalah lagi, Kami sudah laporkan ke Syahbandar," katanya.

Hingga Selasa siang, belum tampak adanya upaya memperbaiki kondisi tiang penyangga yang tertabrak. (Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS