Isu Archandra Warga Dua Negara, DPR Tunggu Sikap Pemerintah

Siswanto | Bagus Santosa
Isu Archandra Warga Dua Negara, DPR Tunggu Sikap Pemerintah
Menteri ESDM Archandra Tahar kunjungi kantor pusat PLN di Jakarta, Sabtu (6/8/2016). [Dok PLN]

Menurut Tantowi masalah dwi kewarganegaraan sudah diatur undang-undang.

Suara.com - Beberapa hari terakhir, publik dihebohkan oleh isu Menteri ESDM Archandra Tahar memiliki paspor ganda yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Pro kontra pun bermunculan.

Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya ‎tidak mau ikut berpolemik dengan isu dwi kewarganegaraan sebelum mendengar penjelasan resmi dari pemerintah.

"Kita tunggu penjelasan dari menkumham sebagai menteri yang terkait langsung dengan itu. Sepertinya penjelasan resmi dari pemerintah akan keluar‎," kata Tantowi, Minggu (14/8/2016).

Menurut Tantowi masalah dwi kewarganegaraan sudah diatur undang-undang.

Politikus Golkar ini pun sepakat dengan mantan Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana bahwa Indonesia tidak menganut dwi kewarganegaraan.

"Penjelasan Denny Indrayana bisa kita jadikan rujukan. Dalam isu Archandra ini, acuan kita UU tentang Kewarganegaraan dan UU tentang Kementerian Negara," ujar Tantowi.
Pagi tadi, Archandra menegaskan hingga saat ini dirinya adalah warga negara Indonesia, bukan warga negara Amerika.

“Saya tuh orang Padang asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang Cuma pas kuliah S2 dan S3 saya kuliah di Amerika,” ujar Archandra usai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Kementerian ESDM.

“Saya pergi ke Amerika tahun 1996, sampai saat sekarang saya masih memegang passport Indonesia dan passport Indonesia saya masih valid,” kata Archandra.
Sambil berseloroh Archandra mengatakan, ”lihat tampang saya kan, Bahasa Indonesia saya masih medok Padang. Saya masih warga negara Indonesia dan silakan cek passport saya.”

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS