Indonesia Rajai Kelas BMX SEA Games 2017

Rizki Nurmansyah
Indonesia Rajai Kelas BMX SEA Games 2017
Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari (memegang bendera memakai kaca mata) berfoto bersama Elga Kharisma Novanda dan I Gusti Bagus Saputra yang meraih emas kelas BMX putri dan putra SEA Games 2017. [Instagram@rajasaptaokto]

Penuhi target melampaui pencapaian di SEA Games 2015.

Suara.com - Tim balap sepeda Indonesia bisa bernapas lega setelah target melebihi hasil SEA Games 2015 terpenuhi lewat emas yang dipersembahkan Elga Kharisma Novanda dan I Gusti Bagus Saputra dari kelas BMX putri dan putra.

Bertanding pada SEA Games 2017 di Arena BMX Nasional, Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia, Sabtu (26/8/2017), atlet asal Malang Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat ini merajai kelas masing-masing sehingga mampu meraih prestasi tertinggi di kejuaraan dua tahunan ini.

"Sejak awal target kami melebihi hasil SEA Games Singapura dan saat ini sudah dua emas dan satu perunggu yang sudah kami dapat. Masih ada peluang untuk menambah lagi," kata Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari.

Pada SEA Games 2015, Indonesia hanya meraih satu emas lewat Robin Manullang dari nomor ITT road race. Hal tersebut terjadi karena nomor andalan timnas Merah Putih yaitu BMX tidak dipertandingkan. Begitu juga untuk disiplin track karena lebih difokuskan disiplin road race.

Pria yang akrab dipanggil Okto ini berharap emas yang diraih oleh Elga dan Bagus ini bisa memotivasi atlet lain pada, Minggu (27/8/2017), akan berlaga di disiplin track. Peluang untuk meraih medali memang cukup terbuka meski persaingan bakal berlangsung ketat.

"Masih ada 13 nomor yang berpeluang. Makanya saya meminta anak-anak untuk fokus untuk perlombaan berikutnya," kata pria yang juga seorang promotor tinju profesional itu.

Untuk disiplin track, Indonesia mengandalkan beberapa pebalap senior. Sebut saja nama Uyun Muzizah Santia Tri Kusuma. Mereka akan ditopang oleh pebalap muda seperti Crismonita. Selain itu Ayutina Delia Priatna juga menjadi andalan.

Sementara itu peraih emas BMX, Elga Kharisma Novanda mengatakan kunci sukses meraih prestasi tertinggi di SEA Games 2017 ini karena bisa menaklukkan trek pertama dari empat trek yang harus dilalui. Dengan demikian dirinya langsung bisa melepaskan diri.

"Disini memang cukup sulit karena saya harus bekerja keras untuk mempertahankan emas. Akhirnya target bisa terpenuhi," ujar Elga.

Elga sebenarnya juga diproyeksikan turun di displin track. Hanya saja menurut Okto rencana tersebut akan diurungkan mengingat sudah menyiapkan pebalap yang memiliki spesialisasi balapan di velodrome.

Namun, berdasarkan catatan yang ada, Elga merupakan peraih emas PON 2016 dari nomor sprint.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS