Lama Tak Ada Kabar, Rio Haryanto Kembali ke Lintasan Sirkuit

Rizki Nurmansyah
Lama Tak Ada Kabar, Rio Haryanto Kembali ke Lintasan Sirkuit
Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat bergabung dengan tim Formula 1 Manor Racing. [Dok. Manor Racing]

Uji coba pertama kali mobil listrik Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo.

Suara.com - Setelah cukup lama tidak terdengar kabarnya, Rio Haryanto akan kembali ke lintasan sirkuit. Namun, kali ini dia bukan lagi turun di lintasan aspal balap mobil Formula 1, melainkan Formula E.

Pebalap Indonesia pertama yang turun di ajang F1 ini dijadwalkan menjalani uji coba mobil Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, hari ini, Selasa (3/10/2017).

Pengalaman ini akan jadi yang pertama bagi pebalap asal Surakarta berusia 24 tahun itu berada di balik kemudi mobil listrik Formula E.

"Saya sangat menantikan tes Formula E pertama saya setelah menyaksikan beberapa balapannya yang sangat menarik di televisi," ujar Rio, dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com.

"Formula E telah menyuguhkan persaingan yang ketat dengan banyaknya pabrikan yang turun, dan sepertinya kejuaraan ini akan terus berkembang di seluruh dunia," lanjutnya.

Lebih jauh, putra bungsu pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati berharap ajang ini bisa digelar di Indonesia, khususnya Jakarta.

"Akan sangat menyenangkan jika bisa melihat balapan Formula E di jalanan Jakarta suatu hari nanti," ungkapnya.

"Indonesia memiliki populasi penduduk terbesar keempat di dunia. Mengetahui antusiasme yang besar dari penggemar Indonesia, saya akan terkejut jika ada pebalap Formula E dari Indonesia yang tidak bisa mendapatkan Fanboost di setiap ePrix-nya!" pungkas Rio.

Sementara itu, Pendiri dan CEO Formula E, Alejandro Agag, menyambut baik uji coba yang dilakukan Rio Haryanto di Valencia.

"Saya senang melihat Rio berada di belakang kemudi mobil Formula E yang sepenuhnya listrik untuk pertama kalinya minggu ini di Valencia," ujar Agag.

"Dia sangat familiar--sangat berpengalaman di ajang single-seaters--dan saya pernah bekerja dengannya sewaktu masih membalap di GP2 bersama Addax."

"Indonesia memiliki komunitas motorsport yang berkembang pesat dan para penggemarnya sangat antusias serta penuh gairah," tandas Agag.

Foto: Rio Haryanto saat membela tim Manor Racing pada ajang Formula 1 2016. [Dok. Manor Racing]

Musim lalu, Rio Haryanto membuat nama Indonesia terkenal di seluruh dunia setelah turun di ajang balap mobil Formula 1 bersama tim Manor Racing.

Sayangnya, masalah keuangan membuat Rio terpaksa hanya bisa turun sebanyak 12 seri. Posisinya digantikan pebalap muda Prancis, Esteban Ocon, yang kini membela tim Force India.

Manor Racing sendiri tidak lagi mengikuti kompetisi F1 musim ini lantaran krisis finansial.

Sementara itu, balapan Formula E pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014. Sejak saat itu, kejuaraan ini terus berkembang pesat dengan banyaknya kota-kota dan pabrikan besar di dunia yang tertarik bergabung.

Musim keempat Formula E akan berlangsung di Hong Kong Central Harbourfront Circuit, Hong Kong, 2 Desember 2017.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS