TNI AU Nyatakan Info Penerbangan Hercules Gratis ke Palu, Hoaks!

Pebriansyah Ariefana | Ria Rizki Nirmala Sari
TNI AU Nyatakan Info Penerbangan Hercules Gratis ke Palu, Hoaks!
Pesawat Hercules yang mengangkut para pengungsi gempa Palu di Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Suara.com/Lirzam Wahid)

TNI Angkatan Udara memastikan bahwa pesawat Hercules hanya digunakan untuk mengirim bantuan logistik.

Suara.com - TNI Angkatan Udara (AU) menyatakan bahwa adanya bantuan penerbangan gratis menggunakan pesawat Hercules untuk keluarga korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu adalah tidak benar alias. TNI Angkatan Udara memastikan bahwa pesawat Hercules hanya digunakan untuk mengirim bantuan logistik.

Dalam akun Instagram resmi milik TNI AU @militer.udara, disampaikan bahwa kini Pesawat Hercules TNI AU hanya berfokus terlebih dahulu untuk membawa berbagai bantuan dalam berbagai bentuk. Oleh karenanya, TNI AU menyatakan bahwa pesan yang beredar di WA tersebut hoax.

"Pesan yang beredar via WA dan Medsos ini TIDAK BENAR alias HOAKS. Saat ini pesawat Hercules TNI AU yang menuju Palu diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis, obat2an, makanan siap saji, alat berat dll. Dari Palu mengangkut pengungsi dan diutamakan lansia, wanita dan anak-anak. #PrayForPaluDonggala #GempaSulteng," tulis admin @militer.udara pada Minggu (30/9/2018).

Sebelumnya beredar sebuah pesan bagi para keluarga korban yang ingin mengunjungi kota Palu. Dalam pesan itu dituliskan bahwa TNI AU menyediakan pesawat Hercules dari Makassar. penerbangan itu dijadwalkan pada pukul 19.00 dan 03.00 WIB pagi hari di Landasan Udara Makassar.

Dalam pesan itu pula dituliskan untuk menyertakan fotokopi KTP dan penerbangan itu hanya dikhususkan untuk keluarga korban dan tim medis yang ingin berangkat ke Palu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS