Ultah Ke-49, Ini Doa dan Harapan Sutopo Purwo Nugroho BNPB

Ririn Indriani
Ultah Ke-49, Ini Doa dan Harapan Sutopo Purwo Nugroho BNPB
Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNP), Sutopo Purwo Nugroho. (Risna Halidi/Suara.com)

Meski sakit kanker paru stadium 4B, Sutopo Purwo Nugroho BNPB tetap melayani media dan masyarakat, memberikan informasi terkini tentang penanggulangan bencana.

Suara.com - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, hari ini, Minggu (7/10/2018) merayakan hari ulangtahunnya yang ke-49 tahun.

Di usianya itu, ada banyak doa dan harapan yang diungkapkan lelaki yang akrab disapa Pak Topo, terlebih saat ini ia tengah berjuang melawan kanker paru stadium 4B.

Berikut doa dan harapan Sutopo Purwo Nugroho yang disampaikan ke grup WhatApps Medkom Bencana - 3, yang diterima Suara.com, Minggu (7/10/2018):

"Hari ini 49 tahun usia saya. 49 tahun juga saya melalui kehidupan. Begitu banyak ucapan selamat ulang tahun dan doa yang saya terima, baik melalui lisan, whatsapp, telepon, sms, sosmed, dan lainnya.

Sungguh, semua itu adalah kebahagiaan dan nikmat yang luar biasa saya rasakan di hari ini. Begitu banyak yang menyayangi dan memberikan perhatian untuk saya.

Saya mengucapkan banyak terima kasih. Ucapan selamat dan doa itu, membuat saya semakin semangat menjalani kehidupan ini. Semangat untuk melalui cobaan dari penderitaan sakit kanker yang sedang menguji saya.

Tahun ini adalah tahun yang berat bagi saya. Namun dukungan orangtua, keluarga, dan teman-teman membuat saya kuat menjalaninya. Terima kasih banyak kepada semua yang telah membantu saya bangkit dan menghadapi kehidupan dengan senyuman dan bukan kesedihan.

Saya mohon doa agar saya bisa sembuh. Selalu berdoa memohon belas kasihan Allah SWT untuk mengangkat semua penyakit di tubuh saya tanpa meninggalkan penyakit lain.

Saya memilih untuk membuat sisa hidup sebagai sebuah pemberian, dan hidup memberikan kita keistimewaan, kesempatan, dan tanggung jawab untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Hidup yang selalu bisa melayani masyarakat untuk mengabdi negeri dengan ikhlas, kerja keras dan bersyukur. Senyuman di setiap hariku bukan karena hidupku sempurna, tapi karena saya bersyukur untuk setiap rahmat dan nikmat yang diberi olehNya.
 
Sekali lagi, terima kasih.

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan, keselamatan, kebahagiaan da barokah untuk kita semua. Aamiin YRA."

Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNP), Sutopo Purwo Nugroho saat bertugas di daerah bencana. (Risna Halidi/Suara.com)
Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNP), Sutopo Purwo Nugroho saat bertugas di daerah bencana. (Foto: Dok. Pribadi)

Doa dan harapan Sutopo Purwo Nugroho sontak mendapat begitu banyak komentar awak media yang ada di grup WhatApps tersebut. Mereka memberikan dukungan dan doa agar Pak Topo diberikan kesembuhan, semangat, kekuatan, keikhlasan dan kebahagiaan agar bisa terus memberikan informasi terupdate tentang bencana yang terjadi di Indonesia dan melayani masyarakat.

Dedikasi dan perjuangan hidup Sutopo BNPB memang sangat menginspirasi, tak heran bila banyak orang termasuk Presiden Joko Widodo dan penyanyi Raisa mengagumi sosoknya.

Ya, menjelang ulang tahun, Sutopo Purwo Nugroho mendapat kejutan video call langsung dari penyanyi idolanya, Raisa saat menggelar konferensi pers informasi terbaru tentang penanganan gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah di kantornya, Rabu (3/10/2018).

Saat itu Sutopo Purwo Nugroho tengah berbincang-bincang dengan wartawan dan dihampiri oleh perempuan berjilbab yang menyodorkan telepon genggamnya. Ternyata telepon tersebut telah terkoneksi video call dengan Raisa. Keduanya kemudian berbincang melalui video call di depan awak media.

Di video itu Raisa memberikan dukungan kepada Sutopo Purwo Nugroho agar terus memberikan yang terbaik dalam penanganan bencana di Palu. Sementara Sutopo meminta Raisa untuk menjaga kesehatan dan menyampaikan rasa kagumnya sejak lama.

Momen tersebut, kata Sutopo Purwo Nugroho, menjadi kenangan terindah untuknya.

Presiden Joko Widodo (kiri) menyaksikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memperlihatkan dokumentasi pertemuan mereka di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10). ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo (kiri) menyaksikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memperlihatkan dokumentasi pertemuan mereka di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10). ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Setelah mendapat kejutan dari Raisa, Sutopo Purwo Nugroho kembali mendapat hadiah terindah, yaitu bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (5/10/2018). Ya, di hari itu Sutopo dipanggil Presiden Jokowi untuk bertemu di Istana Bogor.

Tentu saja kabar ini sangat membahagiakan, apalagi Sutopo Purwo Nugroho mengaku sudah lama ingin bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia itu. Tak heran bila ia mengatakan bahwa pertemuannya dengan Presiden Jokowi merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Di momen tersebut, Sutopo Purwo Nugroho mendapat kenang-kenangan berupa foto dirinya bersama dan Presiden Jokowi di ruangan kerja Presiden, yang dibubuhkan tandatangan. Foto tersebut merupakan kado terindah bagi Sutopo Purwo Nugroho.

Selain itu, Sutopo Purwo Nugroho juga diberi nasehat dan motivasi oleh Presiden Jokowi dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga kesehatan dan tetap semangat.

Sutopo Purwo Nugroho memang sosok inspiratif dan berdedikasi tinggi, karena meski tengah berjuang melawan kanker paru stadium 4B, tetap menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi bencana dan penanggulangannya kepada media dan masyarakat.

Selamat ulang tahun Pak Sutopo Purwo Nugroho, semoga lekas sembuh dan tetap semangat!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS