2019, IMF Prediksi Tingkat Inflasi di Venezuela Semakin Meningkat

Ade Indra Kusuma | Achmad Fauzi
2019, IMF Prediksi Tingkat Inflasi di Venezuela Semakin Meningkat
Ilustrasi IMF. (Shutterstock)

Kebijakan yang salah arah membuat ekonomi di Venezuela dalam keterpurukan.

Suara.com - Dana Moneter internasional atau IMF memprediksi tingkat inflasi di Venezuela bakal meningkat tajam. Pada 2019, IMF memperkirakan inflasi Venezuela bisa mencapai 10 juta persen

Seperti dilansir Bloomberg, menurut IMF Kebijakan bertahun-tahun yang salah arah ditambah dengan penurunan dalam produksi hingga terendah tujuh dekade oleh industri minyak yang sangat penting di negara itu telah membuat ekonomi di sana dalam keterpurukan. 

Namun, dengan kondisi itu Presiden Venezuela Nicolas Maduro menolak untuk mengontrol harga-harga dan nilai tukar mata uang. 

Meski begitu, Maduro telah menaikkan upah minimum 24 kali sejak ia menjabat pada 2013 untuk memerangi inflasi, termasuk peningkatan Agustus lebih dari 3.000 persen menjadi 1.800 bolivares, yang sekarang jumlahnya kurang dari 20 dolar AS per bulan. 

Alih-alih dorongan politik yang dituju, tapi perusahaan-perusahaan sekarang memberi tahu para pekerja bahwa perusahaan tidak mampu untuk membayar upah yang lebih tinggi. 

Hingga akhir tahun, IMF juga memperkirakan Tingkat inflasi tahunan Venezuela akan melonjak menjadi 1,37 juta persen pada akhir tahun. Hal ini juga dikarenakan pemerintah gagal menutupi kekurangan anggaran yang melebar dengan mencetak uang, menurut laporan dari Dana Moneter Internasional.

Perkiraan itu dari Prospek Ekonomi Dunia IMF terbaru naik dari perkiraan 1 juta persen yang dibuat IMF pada bulan Juli dan lebih dari seratus kali lebih cepat dari estimasi Januari sebesar 13.000 persen.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS