Pasca-gempa, Tjahjo Kumolo Optimis Sulteng Tetap Ikut Pemilu

Yazir Farouk
Pasca-gempa, Tjahjo Kumolo Optimis Sulteng Tetap Ikut Pemilu
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajak dua kepala daerah yang baru dilantik mengunjungi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (1/10/2018).[Suara.com/Welly Hidayat]

Persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 terus dimatangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Suara.com - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memastikan pelaksanan Pilpres dan Pileg di Sulawesi Tengah tetap bisa berjalan meski daerah itu diguncang gempa dan tsunami belum lama ini.

Menurut Tjahjo, persiapan pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar pada 2019 mendatang itu terus dimatangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Diakuinya sistem pendataan yang dimiliki KPU sudah cukup menunjang.

"KPU alatnya sudah canggih, untuk data Daftar Pemilih Tetap maupun peserta pemilu juga masih ada dan aman," kata Tjahjo di Palembang, (11/10/2018).

Menurut Tjahjo, dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah di tiga lokasi, yakni Sigi, Donggala dan Palu memang merusak perkantoran pemerintah setempat.

Jika pun nanti kembali terjadi bencana, pelaksanaan Pilpres dan Pileg, kata Tjahjo hanya ditunda di daerah yang terkena dampak.

"Misalnya ada TPS yang banjir, hanya TPS yang banjir di tunda, yang lain tetap berjalan. Kami yakinlah dan optimistis kalau Sulteng masih bisa ikut dalam Pileg dan Pilpres nanti," ujar Tjahjo menjelaskan.

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS