alexametrics

Dukun Palsu Tipu Eks Gurunya Rp 1,3 Miliar buat Biaya Kumpul Kebo

Reza Gunadha
Dukun Palsu Tipu Eks Gurunya Rp 1,3 Miliar buat Biaya Kumpul Kebo
Dewi tersangka yang berperan sebagai dukun palsu. [Kokorimba/Batamnews]

Semua hasil penipuan tersebut digunakan untuk berfoya foya bersama Jansen, teman kumpul kebonya

Suara.com - Dua pasangan kumpul kebo, Arnoldus Janssen Weoseke dan Catur Dewi Iriani, di Batam, Kepulauan Riau, ditangkap polisi karena melakukan aksi penipuan berkedok perdukunan hingga bisa meraup keuntungan Rp 1,3 miliar.

Dewi,perempuan berusia 39 tahun warga Perumahan Simpang Indah Blok F nomor 2, dalam menjalan penipuan bertindak sebagai dukun palsu.

Dalam aksinya, Dewi telah melakukan 9 kali aksi penipuan. Berdasarkan laporan polisi di beberapa polsek, pelaku memperdayai korban ES warga Sei Panas yang juga merupakan mantan gurunya.

Kasat Reskrim Polres Barelang Ajun Komisaris Andri Kurniawan mengatakan, Dewi mengklaim bisa menyembuhkan anak ES yang kerap histeria dan diklaimnya kesurupan akibat diguna-guna.

Baca Juga: Bayi Tewas Dicekoki Cabai dan Semalaman Dianiaya Pacar Ibunda

"Dalam setiap aksinya, pelaku bersama tersangka satunya lagi yaitu Arnoldus Janssen Weoseke alias Yang, merupakan pasangan kumpul kebo. Mereka memeloroti harta benda korbannya. Mulai dari uang, mobil dan emas. Hingga barang korban dijual oleh Jansen dengan total kerugian hampir Rp 1,3 miliar," sebut Andri seperti diberitakan Batamnews—jaringan Suara.com, Selasa (16/10/2018).

Dewi sudah menjalankan aksi sekitar setahun terakhir. Kedua tersangka dijerat Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP tentang Penipuan.

"Ancaman hukuman maksimal dari jeratan pasal itu yakni, kurungan selama empat tahun penjara. Sejauh ini belum ada tersangka yang lain. Masih mereka saja," kata Andri.

Ia menuturkan, sementara ini yang sudah terkuak adalah pasangan itu menipu 13 orang korban.

Semua hasil penipuan tersebut digunakan untuk berfoya foya bersama Jansen, teman kumpul kebonya. Entah bagaimana ia bisa meyakinkan setiap korbannya. Kebanyakan mereka yang berobat ke Dewi mengakui sudah terkena guna-guna.

Baca Juga: Terlibat Pelecehan Seks, Pemain Barcelona Terancam Bui 12 Tahun

Dengan keahliannya menipu, para korbannya percaya saja bahwa Dewi bisa mengobati hal itu. Padahal, semua itu hanya tipu muslihat dengan pura-pura memiliki ilmu supranatural yang nyatanya bohong.