Misteri e-KTP Tercecer, Fadli Zon Minta Mendagri Mundur!

Pebriansyah Ariefana | Ria Rizki Nirmala Sari
Misteri e-KTP Tercecer, Fadli Zon Minta Mendagri Mundur!
Fadli Zon. (Suara.com/Ria Rizki)

Sekarung e-KTP bekas seberat 20 kg ditemukan di kawasan Duret Sawit, Jakarta Timur beberapa waktu yang lalu.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mundur dari jabatannya. Tjahjo Kumolo tidak becus dalam mengurusi masalah e-KTP.

Fadli Zon mengatakan banyaknya e-KTP yang ditemukan tercecer di beberapa tempat menjadi bukti ketidakseriusan Tjahjo mengatasi kesemrawutan pengadaan e-KTP. Yang terakhir, sekarung e-KTP bekas seberat 20 kg ditemukan di kawasan Duret Sawit, Jakarta Timur beberapa waktu yang lalu.

"Saya kira saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri aja. Ini masalah-masalah basic kok. Selama 4 tahun ini ngapain aja? Berkarung-karung tercecer di berbagai tempat ini memalukan," kata Fadli Zon di Gedung KK, Kompleks Parlemen, Selasa (11/12/2018).

Fadli Zon menilai dengan adanya masalah e-KTP yang tak kunjung usai membuktikan negara Indonesia jauh tertinggal dari negara-negara lain. Pasalnya, Fadli Zon melihat kasus e-KTP atau data kependudukan yang ditemukan tercecer di jalanan hanya terjadi di Indonesia.

Karena itu dirinya sepakat dengan wacana pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi masalah e-KTP.

"Saya kira ini harus menjadi evaluasi total, sehingga data kependudukan itu menuju pada single identity number, seperti di negara-negara maju. Semuanya ada di situ dan ada proteksi dong," pungkasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS